Berita

Pemkab Probolinggo Tutup Semua Obyek Wisata Selama Libur Lebaran

Selasa, 11 Mei 2021 - 07:05
Pemkab Probolinggo Tutup Semua Obyek Wisata Selama Libur Lebaran Bremi Eco Park, salah satu obyek wisata di Kabupaten Probolinggo (foto: Iqbal/TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, PROBOLINGGOPemkab Probolinggo, Jawa Timur, menutup semua obyek wisata selama libur lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah. Penutupan dilakukan mulai Kamis (13/5/2021) hingga Minggu (23/5/2021).

Kebijakan itu tertuang dalam Surat Edaran atau SE Bupati Probolinggo nomor 556/356/426.118/2021 yang ditanda tangani Bupati Tantriana Sari, Senin (10/5/2021).

SE tentang Penutupan Sementara Obyek Wisata pada Liburan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan Hari Libur Nasional di Sektor Pariwisata pada Masa Pandemi Covid 19 itu, ditujukan ke sejumlah pihak.

Bremi Eco Park a

Yaitu pengelola obyek wisata. Baik yang dikeloma pemkab, swasta maupun yang dikelola desa melalui BUMDES. Kemudian Kepala Balai Besar TNBTS Resort Probolinggo sebagai pengelola wisata Gunung Bromo, dan Direktur Perum Perhutani KPH Probolinggo sebagai pengelola Air Terjun Madakaripura.

"Menutup sementara semua obyek wisata di wilayah Kabupaten Probolinggo mulai tanggal 13 Mei sampai 23 Mei 2021," begitu petikan redaksi SE tersebut.

Berkaitan dengan itu, camat diminta memerintahkan seluruh kepala desa dan lurah agar berkoordinasi dengan seluruh pengelola obyek wisata di desa/kelurahan untuk menutup sementara obyek wisata tersebut sesuai dengan ketentuan poin 1.

Kebijakan diambil, menindak lanjuti arahan Gubernur, Kapolda dan Pangdam Jawa Timur serta Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Minggu (9/5/2021), dan memutus rantai penularan Covid 19 di obyek wisata.

Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Probolinggo, Yulius Christian membenarkan SE tersebut. "Ya benar. Ditutup sementara," katanya kepada TIMES Indonesia.

Berdasarkan dokumen TIMES Indonesia, penutupan obyek wisata untuk mencegah penularan Covid 19 ini merupakan yang kedua. Sebelumnya pada 17 Maret 2020 atau di awal pandemi, Pemkab Probolinggo menutup semua obyek wisata.

Obyek wisata kembali dibuka secara terbatas pada 18 Agustus 2020. Tapi dengan penerapan protokol kesehatan. Dan kini, Pemkab Probolinggo kembali menutup obyek wisata. (*)

Pewarta : Muhammad Iqbal
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.