Berita

Menuju Desa Mandiri Energi, Dosen dan Mahasiswa Unuja Probolinggo Kembangkan Teknologi PLTHV

Minggu, 25 September 2022 - 16:29
Menuju Desa Mandiri Energi, Dosen dan Mahasiswa Unuja Probolinggo Kembangkan Teknologi PLTHV Sekelompok dosen dan mahasiswa Teknik Elektro Unuja Probolinggo memberi pelatihan PLTHV kepada pemuda Desa Duren, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo (foto: Hasan Basri for TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, PROBOLINGGO – Sejumlah daerah di Kabupaten Probolinggo, Jatim, menikmati listrik dengan energi baru dan terbarukan. Desa Duren di Kecamatan Gading salah satunya. Di desa ini, terdapat 18 unit Pembangkit Listrik Tenaga Hidro Vortex atau PLTHV yang terus dikembangkan dengan pendampingan Unuja Probolinggo.

Konon, masyarakat desa yang berada di kaki Gunung Argopuro tersebut, mengenal teknologi PLTHV sejak tahun 2014. Akan halnya pembangkit listrik tenaga mikrohidro atau PLTMH, PLTHV memanfaatkan sumber daya air yang melimpah di desa berpenduduk 1.882 jiwa tersebut.

Sejak beberapa tahun terakhir, Universitas Nurul Jadid atau Unuja Probolinggo, turut andil dalam pengembangan pembangkit listrik dengan energi baru dan terbarukan di sejumlah desa terpencil. Salah satunya Desa Duren.

Sejak Juni 2022 misalnya, sekelompok dosen dan mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Unuja Probolinggo, melakukan pengabdian di desa yang terdiri dari enam dusun tersebut.

Selama enam bulan, mereka melakukan pengabdian dengan tema “Penerapan Desa Mandiri Energi Berkelanjutan Melalui Pengembangan Teknologi PLTHV di Desa Duren Berbasis Peningkatan Soft Skill.”

Unuja-Probolinggo-bb813f2bfd1ffe9b7.jpgSalah satu unit PLTHV di Desa Duren, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo (Foto: Hasan Basri for TIMES Indonesia)

Tim diketuai Dosen Unuja Probolinggo, Muhammad Hasan Basri. Ia dibantu Dosen Unuja lainnya, Ilmirrizki Imaduddin, Farah Zakiyah Rahmanti (Dosen ITT Surabaya) dan mahasiswa Prodi Teknik Elektro sebagai anggota.

Mereka mengawali pengabdian dengan survey ke Desa Duren, untuk mengidentifikasi permasalahan berkaitan dengan PLTHV di desa tersebut.

Sejumlah masalah ditemukan dalam kegiatan survey. Di antaranya, kapasitas teknologi PLTHV masih belum safety, pengetahuan sistem pengoperasian pembangkit masih kurang, belum adanya kelompok yang menaungi para pemilik pembangkit, dan kurangnya pemahaman tentang pemeliharaan pembangkit.

“Kami melakukan konsolidasi bersama untuk memecahkan permasalahan yang terjadi pada pembangkit dan warga Desa Duren,” kata Ketua Tim Hasan Basri, kepada TIMES Indonesia, Minggu (25/9/2022).

Dari hasil konsolidasi tersebut, mereka menggelar pelatihan teknologi PLTHV. Juga melakukan pendampingan untuk peningkatan pengoperasian PLTHV.

Dalam pengabdian yang disokong Kemendikbud Ristek itu, mereka juga melakukan pembinaan dan pengelolaan pembangkit melalui kelompok (paguyuban). Serta pembinaan soft skill sistem pemeliharaan pembangkit menuju desa mandiri energi.

Tim juga melakukan konsolidasi bersama sejumlah pemilik PLTHV di Desa Duren. Kemudiaan merekontruksi rumah pembangkit dan sumur vortex bersama warga setempat.

Berikutnya, tim melakukan pelatihan dan pendampingan teknologi PLTHV kepada para pemuda warga Desa Duren.

Tujuannya, agar mereka mengetahui cara pengoperasian teknologi sistem monitoring pada PLTHV, dan pembinaan soft skill untuk sistem pemeliharaan PLTHV.

“Kegiatan PKM (pengabdian kepada masyarakat, Red) ini bukan merupakan akhir, akan tetapi menjadi awal untuk menjadikan Desa Duren sebagai desa mandiri energi berkelanjutan, sebagai desa percontohan di Kabupaten Probolinggo,” kata Dosen Unuja Probolinggo, Hasan Basri. (*)

Pewarta : Dicko W
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.