Berita

Gubernur Khofifah: Shalat Idul Fitri Khusyuk Singkat Tetap Khidmat

Kamis, 13 Mei 2021 - 10:31
Gubernur Khofifah: Shalat Idul Fitri Khusyuk Singkat Tetap Khidmat Suasana pelaksanaan Sholat Idul Fitri di Masjid Al-Akbar Surabaya, Kamis (13/5/2021). (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, SURABAYA – Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1442 di Masjid Al-Akbar Surabaya, Kamis (13/5/2021), nampak tertib. Sejumlah tokoh turut hadir, salah satunya Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah menyampaikan pelaksanaan shalat Idul Fitri di Masjid Al-Akbar memang dilaksanakan cukup singkat, hal ini untuk menghindari penyebaran Covid-19. Diperkirakan wakti sholat mulai dari takbir hingga khotbah sekitar 30 menit.

Shalat Idul Fitri surabaya 2

"Upaya shalat Ied khusyuk khidmat dalam waktu singkat tanpa mengurangi kekhusyukan dan kekhidmatan," ujar Khofifah, usai pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Selain itu, salah satu upaya yang dilakukan agar pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Masjid Al-Akbar tidak terjadi kerumunan adalah pihak masjid menyediakan kantong plastik untuk tempat sandal jemaah. Hal tersebut agar jemaah tidak berebut mencari sandal usai shalat.

Khofifah berpesan penerapan kantong plastik untuk tempat sandal tersebut juga diharapkan diterapkan pada saat Shalat Jumat.

"Besok umat Islam shalat Jum'at ini referensi prokes terus dijaga meski Covid-19 melandai. Tapi tetep gaurs waspada," jelasnya.

Khofifah juga mengatakan dari 8.501 desa dan kelurahan di Jawa Timur, hanya ada 1 desa yang dalam zona merah, yakni di Banyuwangi. Ia telah berkoordinasi dengan Bupati Banyuwangi terkait pelaksanaan shalat Idul Fitri di desa tersebut.

Shalat Idul Fitri surabaya 3

"Tadi malam saya koordinasi dengan tim di lapangan sampai jam 1 dini hari. Takbir keliling sudah diubah ke musholla atau rumah," terang Khofifah.

Gubernur Khofifah juga berpesan agar masyarakat silatuhrahmi secara virtual saja, memaksimalkan penggunaan gadget. "Hari ini saya vidcall sama cucu saya di Jakarta. Tahun ini tidak mudik kembali," tuturnya. (*)

Pewarta : Khusnul Hasana (MG-242)
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.