Berita

Cegah Pikun, Dosen Farmasi UIN Malang dan Unair Ciptakan Jamu Serbuk Semanggi

Minggu, 04 Desember 2022 - 21:10
Cegah Pikun, Dosen Farmasi UIN Malang dan Unair Ciptakan Jamu Serbuk Semanggi Potret produk Hermarin dalam event 1st MIISE UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Foto: Tim Pers FKIK)

TIMES SURABAYA, MALANG – Dr. Apt. Burhan Ma’arif Z.A.,M.Farm dosen dari FKIK UIN Malang dan Prof. Dr.apt.Mangestuti Agil, Ms, guru besar dari Fakultas Farmasi UNAIR berhasil menciptakan ekstrak serbuk semanggi untuk memelihara kesehatan sel tulang dan sel saraf pusat.

Terciptanya produk yang diberi nama Hermarin ini bermula dari kepeduliannya terhadap wanita menopause, yang mana mengalami penurunan hormon estrogen yang bedampak terkenanya risiko penyakit esteoporosis dan neurogenerative seperti demensia dan pikun.

Berdasarkan hasil uji komputasi, uji toksisitas dan uji aktivitas yang menggunakan sel tulang dan sel otak pada manusia serta melalui uji coba pada sel tikus dan mencit. Didapatkan manfaat semanggi yaitu bisa mencegah penyakit mulai dari alzheimer, parkinson, kriput, jantung  hingga kanker payudara pada wanita.

UIN-Maulana-Malik-Ibrahim-Malang-b.jpgProduk Hermarin meraih 3rd Place BPJPH's Trophy pada event 1st MIISE UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Foto: Tim Pers FKIK)

Burhan Ma’arif mengatakan bahwa produk ini merupakan lanjutan dari penelitian Prof. Dr. Apt. Mangestuti Agil MS, yang sudah dilakukan sejak tahun 2009 lalu.

“Saya meneruskan penelitian ini dari profesor saya Dr. Mangestuti dari Airlangga, beliau meneliti semanggi karena Gubernur zaman dulu Bapak Imam Utomo menggerakkan para researcher dan dosen di kalangan Universitas di Jawa Timur untuk meneliti semanggi,” ujarnya Minggu, (4/12/2022).

Ia menambahkan bahwa tanaman semanggi yang didapatkannya berasal dari daerah Kecamatan Benowo Surabaya yang kini menjadi pemasok utama tanaman semanggi. Ia juga menjelaskan manfaat semanggi yang sebagai antiosteoporosis, antineurodegeneratif, dan kaya antioksida berasal dari senyawa/zat fitoestrogen yang terkandung di dalamnya. Sementara itu, produk yang diciptakannya kini telah teruji secara pra-klinis dan dalam proses pendaftaran BPOM.

“Sejauh ini dari penelitian yang telah dilakukan tidak ada efek samping dari Hermarin ini. Penggunaannya aman seperti mengonsumsi teh biasa. Hanya saja, tumbuhannya ini bukan tumbuhan teh tapi diganti dengan semanggi. Bedanya juga, Hermarin lebih berkonsentrat tinggi karena benar benar memanfaatkan sarinya. Jadi, sudah tidak ada ampasnya,” tuturnya.

Inovasi terbaru ekstrak serbuk semanggi yang pertama kali disosialisasikan dan diikut sertakan pada 1st MIISE (Maliki International Islamic & Science Expo) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini, berhasil meraih 3rd Place BPJPH's Trophy. Tidak hanya itu, produk Hermarin juga telah bekerja sama dengan PT. Agaricus Sido Makmur Sentosa (ASIMAS) untuk proses produksinya.

Dengan sari sari semanggi yang kemudian dikristalkan dan diformulasikan sedemikan sehingga penggunaannya hanya dicampurkan dengan air tanpa ditambahkan gula dan bisa langsung diminum.

Burhan Ma’arif berharap terciptanya produk ini dapat menghasilkan produk kesehatan alternatif untuk menjaga sistem saraf pusat dan kesehatan tulang. Khususnya, bagi para wanita menopause yang mengalami penurunan hormon estrogen.(*)

Pewarta : Laela Rohadatul Aisy (MG-444)
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.