https://surabaya.times.co.id/
Berita

Pertahankan WTP 10 Kali Berturut, Pemkab Ponorogo Terima Penghargaan Kemenkeu RI

Minggu, 25 September 2022 - 12:17
Pertahankan WTP 10 Kali Berturut, Pemkab Ponorogo Terima Penghargaan Kemenkeu RI Sekretaris Daerah Ponorogo Agus Pramono menerima penghargaan WTP dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawan. (Foto:Kominfo)

TIMES SURABAYA, PONOROGO – Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Ponorogo (Pemkab Ponorogo) meraih predikat atau opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Hasil Pemeriksaan Kinerja atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun 2022 hingga 10 tahun berturut-turut memperoleh penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu RI).

Penghargaan WTP tersebut diterima langsung Sekdakab Ponorogo Agus Pramono dari Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawan dalam Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2022 di Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Agus Pramono ditemui TIMES Indonesia mengatakan, keberhasilan kinerja menjaga akuntabilitas keuangan daerah tidak mungkin berhasil apabila hanya bermodal instruksional saja, "Untuk itu saya sangat mengapresiasi seluruh perangkat daerah di Pemkab Ponorogo  yang mempunyai konsistensi dari perencanaan sampai pertanggungjawaban keuangan," kata Agus Pramono.

Agus-Pramono-b.jpg

Ia pun mengucapkan terima kasih atas capaian WTP tersebut kepada semua stakeholder yang mendukung dan jadi pemacu kinerja lebih baik.

Agus Pramono pun berharap predikat WTP sebagai indikator tertinggi kualitas laporan keuangan harus selalu menjadi perhatian, karena penilaian laporan keuangan semakin detail dan meningkat standarnya. "Terlebih di tengah situasi ekonomi saat ini, akuntabilitas kinerja sangat penting untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah," harapnya.

Sementara Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko sangat mengapresi capaian 10 kali berturut-turut mendapat WTP dari Kemenkeu RI.

"Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih Ponorogo kembali mendapat penghargaan WTP kembali selama sepuluh kali berturut-turut. Dan mudah-mudahan tahun depan bisa sampai sebelas kali," ucapnya.

Bupati yang akrab disapa Kang Giri ini menambahkan, WTP ini bukan prestasi melainkan kewajiban. Karena WTP merupakan kewajiban, semua yang terlibat harus  bekerja keras biar negara semakin akuntabel.

Agus-Pramono-c.jpg

Kang Giri juga menekankan meski mendapat predikat sudah 10 kali berturut-turut, tidak boleh membuat puas. "Harus selalu ditingkatkan dan terus dilakukan perbaikan-perbaikan. Dengan begitu Ponorogo kedepan akan lebih baik," ulas Kang Giri.

Dengan penghargaan WTP 10 kali berturut-turut sejak tahun 2012,  Kang Giri meminta seluruh OPD di lingkungan Pemkab Ponorogo tidak terlena menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada.(*)

Pewarta : M. Marhaban
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.