Berita

Mensos RI Minta Pemda Validasi Data Penerima Bansos

Selasa, 03 Agustus 2021 - 14:09
Mensos RI Minta Pemda Validasi Data Penerima Bansos Mensos RI Tri Rismaharini di Jakarta Timur. (FOTO: Dok. PDIP)

TIMES SURABAYA, JAKARTA – Menteri Sosial (Mensos RI) Tri Rismaharini  meminta pemerintah daerah (Pemda) aktif melakukan verifikasi dan validasi data penerima bantuan sosial atau bansos.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang penanganan fakir miskin, data fakir miskin berasal dari pemerintah daerah dan pemerintah daerah berwenang memverifikasi dan memvalidasi data tersebut.

“Kami meminta daerah untuk, kalau memang kurang ya diusulkan saja. Jangan dikira Papua yang jauh di sana tidak memperbaiki data, karena ada satu kabupaten yang sudah memperbaiki data itu 100 persen,” ucap Risma, Selasa (3/8/2021). 

Menurut dia, pada tahun 2020 ada sekitar 15.000 calon penerima bantuan sosial yang diusulkan dari Provinsi Papua dan pada 2021 jumlahnya bertambah menjadi 28.000. “Kenapa bisa naik? Karena kami telah membetulkan," katanya. 

Risma mengemukakan bahwa selama dia menjabat sebagai Menteri Sosial ada kurang lebih 14 juta data yang telah dibetulkan oleh pemerintah daerah.

Dia juga mengatakan bahwa pemerintah daerah bisa mengusulkan penambahan jumlah penerima bantuan sosial jika masih ada warga di wilayahnya yang membutuhkan bantuan.

“Silakan kalau mau diusulkan tambahan, dan daerah itu banyak sekali yang mengusulkan tambahannya,” demikian kata Mensos RI Risma minta Pemda aktif validasi data penerima Bansos. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.