https://surabaya.times.co.id/
Berita

Gandeng Konjen Amerika Surabaya UIN Malang Lebarkan Sayap di Dunia Internasional

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:40
Gandeng Konjen Amerika Surabaya UIN Malang Lebarkan Sayap di Dunia Internasional Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan bersama Joshua Shen dari Konsulat Jenderal Amerika Surabaya. (Foto: UIN Malang)

TIMES SURABAYA, MALANG – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang atau UIN Malang terus melebarkan sayap di dunia internasional. Kali ini salah satu kampus islam ternama di Indonesia tersebut memperkuat kerja sama internasionalnya dengan Konsulat Jenderal Amerika Surabaya (6/5/2024). 

Hal ini sejalan dengan visi kampus untuk internasionalisasi institusi. Kunjungan penting ini dihadiri oleh beberapa pejabat UIN Malang, antara lain Prof. Dr. Hj. Ilfi Nur Diana, M.Si sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan; Dr. KH. Isrowunnajah, M.Ag sebagai Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Lembaga. 

Drs. H. Basri, MA., Ph.D sebagai Wakil Direktur Program Pascasarjana; Prof. Dr. Hj. Like Rascova Octaberlina, M.Ed sebagai Direktur International Office; dan Muhammad Khafid dari International Office juga hadir dalam acara tersebut. Mereka diterima oleh Joshua Shen sebagai Public Affairs Officer dari Konsulat Jenderal Amerika Serikat. 

Salah satu hasil dari pertemuan ini adalah kesepakatan untuk beberapa program yang mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi. Utamanya dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. 

Dalam kesepakan disebutkan akan diadakan kuliah tamu dengan menghadirkan ahli-ahli di bidang yang terkait dengan fakultas di UIN Malang, untuk memberikan pembaruan mengenai perkembangan ilmiah di Amerika dan dunia. Selain itu, rencananya adalah pertukaran dosen dan mahasiswa antara UIN Malang dan Amerika untuk memperkuat potensi akademik di kedua negara. 

Joshua Shen dari Konsulat Jenderal Amerika Surabaya juga menegaskan bahwa akan ada bantuan pelatihan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat. Bidang penelitian juga mendapat perhatian dengan adanya pelatihan academic writing untuk dosen dan mahasiswa, serta pendampingan publikasi untuk meningkatkan nilai publikasi ilmiah di UIN Malang secara internasional. 

Sisi program kerja sama terkait pengabdian masyarakat menyepakati untuk mengirim tokoh-tokoh organisasi kemasyarakatan Islam dan non-Islam ke Amerika. Dimaksudkan hal tersebut berguna untuk memperdalam wawasan tentang praktek kehidupan beragama di sana. 

Selain itu, UIN Malang akan berperan sebagai pembina madrasah unggul di Jawa Timur dengan mengirimkan siswa-siswi madrasah ke Amerika untuk mempelajari sistem kehidupan akademik, budaya, dan keagamaan. Hal ini sebagai upaya peningkatan kualitas sosial dan akademik mereka dalam menghadapi tantangan global. 

Kerja sama antara UIN Malang dan Konsulat Jenderal Amerika Surabaya diharapkan akan membawa dampak signifikan bagi kedua belah pihak dalam mencapai visi misi global. Yakni menciptakan sumber daya manusia yang siap berkontribusi dalam mewujudkan kesejahteraan dan perdamaian dunia.(*)

Pewarta : Khodijah Siti
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.