TIMES SURABAYA, SURABAYA – Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur kembali menggelar pameran bertajuk “The 11th Koperasi, UKM Expo Tahun 2024." Penyelenggaraan kali ini memasuki edisi ke-11 sejak dilaksanakan pertama kali pada tahun 2014.
The 11th Koperasi, UKM Expo Tahun 2024 digelar selama 5 hari berturut-turut dimulai pada tanggal 31 Juli sampai dengan 4 Agustus 2024.
Aneka macam produk-produk unggulan Jawa Timur, baik itu kriya maupun makanan/minuman turut meramaikan acara ini. The 11th Koperasi, UKM Expo Tahun 2024 diharapkan membawa dampak yang signifikan bagi perkembangan KUKM Jawa Timur, baik itu dari omzet penjualannya maupun contoh produk-produk unggulan.
Hal itu sejalan dengan tema K-UKM Expo pada Tahun 2024 ini yaitu “Transformasi UMKM yang Inklusif dan Berkelanjutan”.
Kegiatan ini akan mendukung bisnis untuk lebih menerapkan pembangunan berkelanjutan atau yang sering disebut sebagai (Sustainable Development Goals/ SDGs). Dengan menerapkan SDGs pada sebuah usaha akan menciptakan bisnis yang lebih tahan terhadap resiko sosial, ekonomi dan lingkungan. Selain itu implementasi SDGs akan mendorong perusahaan untuk menciptakan solusi inovatif guna mencapai tujuan.
Tujuan The 11th Koperasi, UKM Expo 2024
Gelaran KUKM Expo 2024 ini memiliki banyak tujuan, terutama untuk perkembangan ekonomi dan produk lokal seperti berikut.
1. Memfasilitasi pemasaran produk unggulan daerah ke pasar nasional, regional dan global;
2. Mengembangkan koperasi serta usaha kecil dan menengah yang kompetitif dan memiliki karakter yang kuat;
3. Meningkatkan kesadaran, kebanggaan dan kepercayaan diri masyarakat dalam membeli dan menggunakan produk lokal hasil produksi Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah;
4. Mendukung pemulihan ekonomi nasional melalui penguatan sektor Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.
Selain berkolaborasi dengan BUMN dan BUMD untuk kesuksesan acara ini, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur juga bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tulungagung selaku City Of Charm yang merupakan program unggulan KUKM Expo yang bertujuan menampilkan city branding Kabupaten Tulungagung untuk secara ekslusif memamerkan beragam potensi dan produk-produk unggulan UKM Kabupaten Tulungagung.
Pada kegiatan ini diharapkan masyarakat yang mendapatkan informasi serta pendampingan terkait koperasi, pengembangan bisnis serta tumbuhnya kesadaran dan kecintaan untuk menggunakan produk lokal. Selain itu juga dapat mendorong kemajuan KUKM di Jawa Timur pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. (d)
Pewarta | : |
Editor | : Deasy Mayasari |