Gaya Hidup

Tips Mengatur Performa Kendaraan Agar Tetap Prima Jelang Lebaran

Kamis, 13 Mei 2021 - 14:15
Tips Mengatur Performa Kendaraan Agar Tetap Prima Jelang Lebaran Ilustrasi mengecek kondisi mesin motor (FOTO: Dok. Freepik)

TIMES SURABAYA, JAKARTA – Salah satu tradisi Idul Fitri atau lebaran ialah saling mengunjungi sanak famili. Namun lebaran kali ini berbeda pasalnya larangan mudik lebaran 2021 hanya memperbolehkan mudik lokal. Kita hanya diperbolehkan mengunjungi sanak saudara dalam wilayah aglomerasi.

Di saat lebaran volume kendaraan diprediksi akan meningkat seiring keinginan masyarakat yang akan bersilaturahmi maupun berwisata. Meskipun begitu salah untuk meminimalisasi angka kecelakaan salah satu yang harus dipersiapkan adalah kendaraan anda.

merawat motor 2

Kali ini TIMES Indonesia akan memberikan tips agar kendaraan anda tetap prima. Kendaraan yang prima membuat silaturahmi dan berwisata anda semakin aman.

1. Cek kondisi ban sebelum berkendara

Sebelum anda bepergian silaturahmi, ada baiknya anda mengecek kondisi ban motor anda. Pastikan ban anda mendapat cukup angin dan tidak dalam kondisi bocor. Tentu saja hal ini untuk mengantisipasi kejadian fatal saat anda berkendara sehingga berakibat fatal pada velg dan diri anda sendiri.

2. Periksa aki sepeda motor

Aki menjadi salah satu komponen penting dalam kendaraan anda. Baik anda menggunakan aki kering maupun basah, pastikan kondisi aki tetap baik. Apabila aki basah anda habis segara untuk mengisi. Apabila aki kering anda dayanya berkurang, segera alirkan listrik untuk menambah daya.

3. Rutin mengganti oli motor

Salah satu menjada performa mesin adalah mengganti oli secara teratur. Hal ini disarankan dalam kurun waktu 2 bulan sekali, namun tergantung dengan pemakaian anda. Jika anda memakainya untuk keperluan sehari-hari, 2 bulan sekali bisa dijadikan pedoman.

merawat motor 3

Rutin mengganti oli berpengaruh kepada performa mesin anda. Pasalnya oli menjadi pelumas mesin kendaraan dan juga sebagai pendingin mesin ketika anda berkendara.

4. Servis di bengkel resmi secara teratur

Direkomendasikan untuk melakukan servis berkala di bengkel resmi kendaraan anda. Disarankan setiap 5.000 kilometer satu kali. Di bengkel resmi kalian akan mendapat layanan yang prima dan juga seputar tips merawat kendaraan anda.

5. Cuci motor secara rutin

Terakhir cucilah sepeda motor anda secara rutin. Apabila motor anda kotor ada baiknya segera dicuci minimal 1 minggu sekali. Hal ini agar debu yang menempel pada sepeda motor anda tidak menjadi karat dan membuat keropos beberapa bagian dari sepeda motor anda.

Itulah tips mengatur performa kendaraan agar tetap prima menjelang lebaran. (*)

Pewarta : Thaoqid Nur Hidayat
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.