Hukum dan Kriminal

Sengketa Pilkades Pesanggrahan Mulai Disidang PTUN Surabaya

Rabu, 31 Agustus 2022 - 15:22
Sengketa Pilkades Pesanggrahan Mulai Disidang PTUN Surabaya Suasana persidangan pertama sengketa Pilkades Pesanggrahan di PTUN Surabaya. (foto: Kejari Kota Batu for TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, BATU – Beberapa hari setelah warga Desa Pesanggrahan memilih Kepala Desa dalam Pilkades, Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya (PTUN Surabaya) mulai menggelar sidang sengketa Pilkades Pesanggrahan di Surabaya.

Persidangan pertama terkait Sengketa Keputusan Panitia Pilkades Nomor 02/KEP/PPKD/VII/2022 tentang Calon Kepala Desa ini dipimpin Majelis Hakim yang diketuai oleh Ceckly Jembly Kereh, S.H., M.H.

Perkara sengketa Pilkades Pesanggrahan ini disidangkan setelah Rudyanto dkk melayangkan gugatan ke PTUN Surabaya. Bertindak sebagai Kuasa Hukum Para Penggugat adalah Zaenal Mustofa, SH.MH beserta tim

Sementara Tergugat, Panitia Pemilihan Kepala Desa Pesanggrahan didampingi Jaksa Pengacara Negara pada Kejaksaan Negeri Batu bertindak sebagai Kuasa Hukum Tergugat. "Tim Jaksa Pengacara Negara pada Kejaksaan Negeri Batu hadir dalam persidangan di Pengadilan Tata Usaha Negara," ujar Kasi Intelejen Kejari Batu, Edi Sutomo SH MH.

Suasana-persidangan-pertama-sengketa-Pilkades-Pesanggrahan-b.jpg

Tim JPN diketuai oleh Muhammad Bayanullah, S.H., M.H., M.Kn, Kasi Perdata dan TUN Kejari Batu.

Agenda sidang pertama sengketa Pilkades Pesanggrahan adalah pemeriksaan persiapan. Ceckly meminta para pihak melakukan pemeriksaan persiapan dilakukan guna memenuhi ketentuan pasal 63 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1986 tentang Peradilan Tata Usaha Negara.

Diakhir persidangan Ketua Majelis Hakim PTUN Surabaya memberikan kesempatan kepada Pihak Penggugat untuk memperbaiki Gugatan dengan jangka waktu sebagaimana yang diatur dalam peraturan perundang-undangan dan juga memberikan kesempatan kepada Pihak Tergugat untuk melengkapi data-data maupun dokumen yang diminta sebagaimana yang disampaikan oleh Majelis Hakim dalam persidangan sengketa Pilkades Pesanggrahan selanjutnya.(*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.