Hukum dan Kriminal

Polda Jatim Tangkap Penjual Obat dan Vitamin Tak Berizin

Sabtu, 10 Juli 2021 - 16:37
Polda Jatim Tangkap Penjual Obat dan Vitamin Tak Berizin Polda Jatim saat ungkap kasus penyitaan obat dan vitamin tidak sah jual, Sabtu (10/7/2021). (Foto: dok. Humas Polda Jatim)

TIMES SURABAYA, SURABAYA – Selama satu minggu sejak diberlakukan PPKM Darurat (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyaralat Darurat), Satgas Gakum Aman Nusa II Polda Jatim telah melakukan penyidikan terhadap ketersediaan oksigen dan obat serta harganya.

Dari hasil operasi selama satu minggu yang telah dilakukan, didapatkan 43 jenis obat dan vitamin yang tidak sah jual karena dijual oleh pihak yang bukan dari bidang farmasi. 

"Tim melakukan penyitaan 43 jenis obat obatan dan vitamin. Dan tersangka satu orang. Dimana obat dan vitamin ini dijual dan diedarkan bukan oleh orang yang berwenang dalam bidang kefarmasian," ujar Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta, Sabtu (10/7/2021).

Polda Jatim 1

Nico mengakatakan, hasil pengungkapan tersebut berdasarkan informasi dari masyarakat. Dimana, saat ini beberapa oknum memanfaatkan tingginya angka kasus Covid-19 untuk mencari keuntungan.

Nico mengimbau  masyarakat untuk tidak melakukan hal yang sama. Mengingat, obat-obatan dan vitamin saat ini tengah dibutuhkan masyarakat. Ia pun mengapresiasi kepada masyarakat yang telah melapor kepada Polda Jatim.

"Saya minta kepada masyarakat, tolong bila bukan apotek atau apoteker atau bukan toko obat yang punya wewenang untuk itu jangan menjual. Kalau ada oknum bukan yang memiliki ijin menjual sediaan farmasi menawarkan itu salah, sekarang masyarakat banyak yang membutuhkan," tuturnya.

Tersangka yang melakukan praktik jual obat dan vitamin yang bukan dari bidang farmasi akan dikenakan pasal 198 UU Kesahatan yang berbunyi setiap orang yang tidak memiliki keahlian dan kewenangan untuk melakukan prakik kefarmasian dipidana dengan denda paling banyak Rp100 juta. (*)

Pewarta : Khusnul Hasana (MG-242)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.