Hukum dan Kriminal

Komnas HAM dan Komnas Perempuan Tuduh Brigadir J Lakukan Pelecehan Seksual, Begini Tanggapan Keluarga

Senin, 05 September 2022 - 14:19
Komnas HAM dan Komnas Perempuan Tuduh Brigadir J Lakukan Pelecehan Seksual, Begini Tanggapan Keluarga Pengacara keluarga, Yonathan Baskoro. (foto: Instagram/Jonathan Baskoro)

TIMES SURABAYA, JAKARTA – Pengacara keluarga Brigadir J, Yonathan Baskoro menyebut rekomendasi hasil penyidikan Komnas HAM sangat sesat dan ngawur. Rekomendasi yang dimaksud adalah tuduhan Brigadir J melakukan pelecehan seksual kepada Putri Candrawathi, istri Fredy Sambo.

Yonathan mempertanyakan kredibilitas Komnas HAM dan Komnas perempuan dalam kasus kematian Brigadir J. Kedua lembaga tersebut sangat kompak memainkan peran, dan terkesan menyudutkan almarhum.

"Kami nyatakan dengan tegas rekomendasi tersebut tidak penting dan sangat menyesatkan! Bagaimana bisa institusi yang kredibel justru mengambil kesimpulan yang teramat prematur tanpa adanya alat bukti yang kuat," kata Yonathan di Jakarta, Senin (5/9/2022).

Lebih lanjut, dia meminta kepada polisi untuk berkata jujur dan tidak bermain-main dalam kasus ini. Apalagi korban sudah meninggal kemudian difitnah sedemikian kejinya, demi membebaskan pelaku.

Yonathan menambahkan, Komnas HAM dan Komnas perempuan selama ini hanya memeriksa para saksi, dari keterangan para tersangka tersebut kemudian dijadikan kesimpulan rekomendasi hasil penyidikan. Padahal para tersangka bisa jadi bersekongkol dengan tersangka lainnya.

"Mereka membuat laporan hasil investigasi tersebut berdasarkan keterangan para tersangka yang kita tahu di sini ada empat (FS, PC, KM, RR), lawan satu (Bharada E)," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara menduga kuat peristiwa pembunuhan Brigadir J didahului oleh peristiwa kekerasan seksual kepada Putri Candrawathi di Magelang, tanggal 7 Juli 2022. (*)

 

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.