Hukum dan Kriminal

Kasus Korupsi BKD, Kejari Kota Batu Periksa Dua Atasan AFR

Selasa, 13 September 2022 - 20:03
Kasus Korupsi BKD, Kejari Kota Batu Periksa Dua Atasan AFR Kedua tersangka kasus perkara dugaan tindak pidana Korupsi Kota Batu, AFR dan J saat ditahan Kejari Batu beberapa waktu lalu. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, BATU – Kejaksaan Negeri Kota Batu (Kejari Kota Batu) hari ini (13/9/2022) memeriksa dua atasan AFR, Staf Analis Pajak pada BAPENDA Kota Batu yang pekan lalu ditahan dalam perkara dugaan tindak pidana Korupsi Kota Batu yakni penyimpangan dalam Pemungutan Pajak Daerah Berupa Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan (BPHTB) dan Pajak Bumi Bangunan (PBB) Pada Badan Keuangan Daerah Kota Batu Tahun 2020.

Kedua saksi kasus dugaan tindak pidana Korupsi Kota Batu tersebut merupakan ASN dari Bapenda Kota Batu yakni Mantan Kabid Pendataan dan Pelayanan Bapenda Kota Batu dan satu orang lagi yakni Kasubid Pengendalian dan Pengawasan Kota Batu.

"Kedua Saksi tersebut merupakan atasan dari tersangka AFR yang mengetahui dan memahami akan Tupoksi kerja dari Tersangka AFR," ujar Kasi Intelijen Kejari Kota Batu, Edi Sutomo SH MH terkait dugaan tindak pidana Korupsi Kota Batu.

Menurut Edi, pemeriksaan kedua saksi ini dilakukan oleh Jaksa Penyidik Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Batu ini berlangsung selama 5 Jam. Pemeriksaan ini dilakukan penyidik Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Batu untuk mendalami perkara ini.

Perkara ini mulai disidik oleh Kejari Batu bulan Januari 2022. Saat itu Kejari Kota Batu memeriksa sebanyak 53 saksi terdiri dari PNS di Lingkungan Pemkot Batu, PPAT, serta Wajib Pajak.

Saat itu diperoleh keterangan ahli Digital Forensik yang pada pokoknya menerangkan bahwa di dalam pemeriksaan dan analisa barang bukti berupa back up database SISMIOP periode tanggal 3 Maret 2020 tersebut tidak mengalami perubahan.

"Dari hasil penyidikan terungkap perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh tersangka AFR bersama-sama dengan tersangka J salah satunya menurunkan NJOP dengan cara mengubah kelas objek pajak tanpa penetapan wali kota," ujar Edi.

Padahal sesuai 1 Pasal 51 ayat 3 PERDA Kota Batu No.7/2019 tentang Pajak Daerah jo. Pasal 15 ayat 3PERWALI No.54/2020 tentang Tata Cara Pemungutan PBB dimana penetapan besarnya NJOP ditetapkan oleh Walikota berdasarkan klasifikasi objek pajak.

Selain itu diduga kedua tersangka membuat NOP baru tidak sesuai dengan prosedur melanggar PERWALI No.54/2020 tentang Tata Cara Pemungutan PBB Pasal 5.

Edi menjelaskan Pendaftaran Objek PBB baru dilakukan oleh subjek pajak atau wajib pajak dengan ketentuan yakni mengajukan pendaftaran secara tertulis yang ditujukan kepada Wali Kota Batu.

"Berdasarkan Laporan Hasil Audit Perhitungan Kerugian Keuangan Negara atas dugaan tindak pidana korupsi, telah terjadi kerugian keuangan negara sejumlah Rp1.084.311.510,- (satu milyar delapan puluh empat juta tiga ratus sebelas ribu limaratus sepuluh rupiah)," ujar Edi.

Lebih lanjut AFR selaku Operator SISMIOP yang karena jabatan atau kedudukannya mempunyai akses ke aplikasi Sistem Manajeman Informasi Objek Pajak (SISMIOP), telah mengubah NJOP objek pajak dengan cara mengubah “kelas” objek pajak, membuat Nomor Objek Pajak (NOP) yang baru serta melakukan pencetakan SPPT-PBB dengan tidak sesuai ketentuan, perbuatan tersebut mengakibatkan jumlah BPHTB dan PBB yang seharusnya dibayarkan oleh wajib pajak menjadi berkurang.

Sementara tersangka J selaku orang swasta/makelar, telah bekerjasama dan memberikan sejumlah uang kepada tersangka AFR untuk kepentingan penurunan BPHTB yang dari pengurusan tersebut tersangka J juga mendapatkan keuntungan.

Kini kedua tersangka tindak pidana korupsi Kota Batu ditahan di Rumah Tahanan Malang selama 20 (dua puluh) hari terhitung sejak hari ini Kamis 8 September 2022, dan dapat diperpanjang oleh penuntut umum untuk kepentingan penyidikan Kejari Kota Batu.(*)

Pewarta : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.