Olahraga

Belanda vs AS, Duel Taktik dan Fisik

Sabtu, 03 Desember 2022 - 19:44
Belanda vs AS, Duel Taktik dan Fisik Timnas Belanda akan menghadapi Amerika Serikat, tim muda yang kuat secara fisik di babak 16 besar Piala Dunia 2022. (FOTO: FIFA)

TIMES SURABAYA, JAKARTABelanda dengan total football nya akan menghadapi pertandingan sulit saat melawan tim Amerika Serikat yang muda dan energik dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Sabtu (3/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Belanda yang menjuarai Grup A dengan tujuh poin menjadi tim yang difavoritkan dalam pertandingan ini. Pasukan Der Oranje memang membukukan hasil bagus di fase grup.

Mereka menang 2-0 atas Senegal dan Qatar dan meraih imbang dengan raksasa Amerika latin, Ekuador. Mereka juga punya tradisi Piala Dunia yang lebih baik, yakni tiga kali finalis Piala Dunia.

Luis-van-Gaal.jpgPelatih Belanda Luis van Gaal sudah menyiapkan taktik untuk meredam Amerika Serikat. (FOTO: FIFA)

Namun, Amerika Serikat bukan tim kecil. Mereka punya segalanya untuk bisa mengatasi Belanda. Amerika Serikat lolos ke babak 16 besar dengan status tak terkalahkan di babak penyisihan grup. Setelah hasil imbang kontra Wales dan Inggris, The Yanks memetik kemenangan menentukan dengan skor 1-0 atas Iran.

AS Kuat Secara Fisik

“AS telah menunjukkan bahwa mereka memiliki tim yang luar biasa, saya bahkan akan mengatakan salah satu tim terbaik, tim yang diatur dengan baik (tetapi) bukan sesuatu yang tidak dapat kami atasi," kata Louis van Gaal, pelatih Belanda seperti dikutip dari FIFA+.

Van Gaal menambahkan, Amerika Serikat telah berkembang pesat dan mereka memiliki banyak pemain dari klub-klub top Eropa dan memiliki pemain muda yang unggul secara fisik. Namun Van Gaal memastikan, Belanda sudah menyiapkan taktik untuk menghentikan pergerakan pemain lawan. 

Striker-Christian-Pulisic.jpgStriker Christian Pulisic akan memimpin barisan depan AS menghadapi Belanda di babak 16 besar Piala Dunia 2022. (FOTO: FIFA)

"Mereka adalah tim yang sangat energik, dengan pemain yang kuat secara fisik. Mereka mempersulit lawan mana pun seperti yang Anda lihat dari hasil mereka, tetapi kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk mengalahkan mereka,” ucapnya.

Di kubu Amerika Serikat, kabar bagus datang di saat yang tepat. Striker Christian Pulisic bisa tampil dalam pertandingan melawan Belanda. Sebelumnya, Pulisic mengalami cedera panggul saat mencetak gol kemenangan melawan Iran.

Saat ini, target Amerika Serikat adalah maju ke perempat final untuk pertama kalinya sejak Korea/Jepang 2002. Target ini didukung rekor pertahanan yang bagus. Dari tiga laga Piala Dunia 2022, Amerika Serikat hanya kebobolan satu gol. Tetapi memiliki tugas untuk mencoba menghentikan Cody Gapko, penyerang Belanda yang sudah mencetak tiga gol selama di Qatar.

Menciptakan Momentum

Sementara itu, pelatih Amerika Serikat Gregg Berhalter mengaku akan memanfaatkan pengalamannya bermain dan melatih di Belanda.

Mantan pemain timnas Amerika Serikat itu memang pernah bermain untuk klub Belanda PEC Zwolle dan Sparta Rotterdam serta Cambuur Leeuwarden selama 18 tahun berkarir sebagai pemain sepak bola.

“Kami merasa bertanggung jawab untuk menggunakan Piala Dunia ini demi menciptakan momentum sepak bola di Amerika Serikat dan itulah mengapa kami ingin terus maju. Kami ingin terus berprestasi dan mengharumkan nama negara," ucapnya. "Sangat menyenangkan memiliki sejarah, memiliki koneksi dengan negara tempat Anda bermain, tetapi ini hal yang berbeda.”

Data dan Fakta

  • Belanda telah memenangkan empat dari lima pertemuan sebelumnya.
  • Dalam pertemuan terakhir kedua tim, Juni 2015, AS keluar sebagai pemenang, bangkit dari ketertinggalan 3-1 dengan 20 menit tersisa untuk menang 4-3 melalui gol Bobby Wood pada menit ke-90.
  • Belanda telah memenangkan empat dari lima pertandingan terakhir mereka pada babak 16 besar Piala Dunia.
  • AS hanya kalah tiga kali dari 11 pertandingan terakhir di Piala Dunia (Menang 3, Seri 5)
  • AS belum pernah menang dalam 11 pertandingan Piala Dunia melawan wakil asal Eropa (Seri 5, Kalah 6)

Prakiraan pemain Amerika Serikat:

Matt Turner; Sergino Dest, Cameron Carter-Vickers, Tim Ream, Antonee Robinson; Tyler Adams, Yunus Musah, Weston McKennie; Christian Pulisic, Josh Sargent, Timothy Weah.

Prakiraan pemain Belanda:

Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Marten de Roon, Frenkie de Jong, Daley Blind; Davy Klaassen; Memphis Depay, Cody Gakpo.

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.