Olahraga

Gowes Bareng Semarakkan Milad Ke-17 Majelis Shalawat Syubbanul Muslimin 

Minggu, 25 September 2022 - 12:55
Gowes Bareng Semarakkan Milad Ke-17 Majelis Shalawat Syubbanul Muslimin  Khodimul Majelis Sholawat Syubbanul Muslimin, Gus Hafidz melepas peserta gowes. (FOTO: Rhoma Dona/TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, PROBOLINGGO – Bersepeda atau gowes masih ngetren di tengah masyarakat. Untuk mewadahi kegemaran masyarakat itulah, Majelis Shalawat Syubbanul Muslimin, Pondok Pesantren Nurul Qadim Paiton, Probolinggo, Jatim, menggelar kegiatan "Go-Best 4 Sweet Seventeen" yang diikuti banyak goweser, Minggu (25/9/2022).

Kegiatan tersebut dalam rangka milad Syubbanul Muslimin ke-17. Ada banyak kegiatan yang digelar untuk memperingati hari jadi Majelis Shalawat Syubbanul Muslimin yang memiliki ribuan jamaah tersebut. Salah satunya gowes.

Dari pantauan TIMES Indonesia, gowes bareng itu diikuti ratusan pecinta sepeda dari berbagai daerah. Selain dari Kabupaten dan Kota Probolinggo, juga diikuti goweser asal Pasuruan, Jember. Mereka kebanyakan dari komunitas pesepeda, yang memakai kaos identitas komunitasnya dengan ciri khas warna cerah.

Semua peserta berkumpul di lapangan simpang empat kompleks Pondok Pesantren Nurul Qadim, Desa Kalikajar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jatim. Diketahui, Majelis Shalawat Syubbanul Muslimin berada di bawah naungan Pondok Pesantren Nurul Qadim, dengan khodimul Gus Hafidzul Hakiem Noor.

Gus Hafidzul Hakiem Noor yang karib disapa Gus Hafidz, melepas peserta gowes sekitar pukul 7 pagi. Minggu pagi itu, Gus Hafidz didampingi ketua DPC PPP Kabupaten Probolinggo, Habib Mahdi.

Dalam Go-Best 4 Sweet Seventeen tersebut, peserta menempuh jalur sepanjang sekitar 13 kilometer dan melintasi beberapa desa di Kecamatan Paiton. Di sepanjang jalur terdapat dua pos panitia. 

Milad-Ke-17-Majelis-Shalawat-Syubbanul-Muslimin-b.jpgPeserta Go-Best 4 Milad ke-17 Syubbanul Muslimin tumpek blek di lapangan simpang empat PPNQ. (FOTO: Rhoma Dona/TIMES Indonesia)

Gus Hafidz menuturkan, dalam milad ke-17, Majelis Shalawat Syubbanul Muslimin ingin mengajak masyarakat untuk tetap menjalankan pola hidup sehat. "Salah satunya dengan rutin berolahraga, seperti bersepeda ini," tuturnya.

Ulama muda ini berharap, agar peringatan milad ke-17 Syubbanul Muslimin dapat memberi berkah bagi masyakat dan kemaslahan ummat. "Tentunya dengan terus membumikan sholawat kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW," katanya.

Nah, dalam event ini panitia juga menyiapkan banyak hadiah. Tapi untuk memperebutkan hadiah tersebut, peserta tidak hanya wajib mancal sepedanya. Peserta juga wajib membeli kupon yang disediakan panitia.

Hadiah yang telah dipajang di atas panggung itu cukup menggiurkan. Hadiah utama yakni sepeda motor Honda Beat. Ada pula hadiah lemari es, dan beberapa hadiah menarik lainnya dengan harga yang tidak murah. Tak ayal, sambil melepas lelah usai mancal, peserta pun rela menunggu jadwal pengundian kupon berhadiah saat itu juga.

Peserta terlihat berkumpul di bawah tenda besar yang terpasang di depan panggung di lapangan simpang empat kompleks Pondok Pesantren Nurul Qadim. Sementara sebagian peserta lainnya memilih berteduh di warung-warung yang ada di sekitar lokasi acara sambil makan dan minum. Baik peserta yang berada di bawah tenda maupun di warung-warung, mereka sama-sama menunggu pengundian hadiah sambil mendengarkan live musik gambus.

Diketahui, sebelum menggelar event gowes, Syubbanul Muslimin telah mengadakan banyak rangkaian kegiatan lainnya. Pada Sabtu (3/9/2022) digelar turnamen bola voli memperebutkan Piala Dokter Mufti Anam. Turnamen yang telah berakhir pada Sabtu (24/9) itu, bertempat di lapangan simpang empat Pondok Pesantren Nurul Qodim (PPNQ).

Kemudian, pada Minggu (4/9), pukul 13.00 WIB, digelar Anniversary Vloc & Comshow. Tempat acara juga di lapangan simpang empat PPNQ.

Lalu, pada Minggu (11/9), PPNQ mengadakam Bahtsul Masa’il PCNU Kota Kraksaan. Acaranya dimulai pukul 8 pagi, di Saka 9 Mabes Syubbanul Muslimin.

Seminggu kemudian, atau pada Minggu (18/9), kawasan PPNQ dipenuhi pecinta sepeda ontel atau yang disebut Onthelis. Pecinta sepeda kuno itu menggelar touring "Ontel Syubban" dengan garis start di lapangan simpang empat PPNQ, mulai pukul 06.30 WIB.

Setelah event gowes, kini rangkaian milad ke-17 Majelis Shalawat Syubbanul Muslimin menyisakan dua kegiatan. Pertama, puncak milad yang digeber pada Sabtu (1/10/2022) malam, di lapangan simpang empat kompleks Pondok Pesantren Nurul Qadim Paiton. Kemudian, keseokan harinya Minggu (2/10/2022) pagi, digelar event touring motor trail. (*)

Pewarta : Rhomadona (MG-410)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.