Olahraga

Tundukan Vietnam 3-2, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia U-20

Minggu, 18 September 2022 - 21:52
Tundukan Vietnam 3-2, Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia U-20 Striker Rabbani menjadi pahlawan Timnas Indonesia dengan mencetak gol ketiga yang memastikan kemenangan Indonesia 3-2 atas Vietnam, Minggu (18/9/2022). (foto: dok PSSI)  

TIMES SURABAYA, SURABAYATimnas Indonesia lolos putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Tiket putaran final Piala Asia U-20 diraih Timnas Indonesia usai menang 3-2 (0-0) atas Vietnam di laga terakhir kualifikasi Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022).

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia memuncaki klasemen Grp F dengan nilai 9 dari tiga laga. Menjadi juara grup membuat Robi Darwis dan kawan-kawan otomatis lolos ke Uzbekistan.

Sejak awal pertandingan, Timnas Indonesia mampu tampil menekan. Laga belum lima menit berjalan, Timnas Indonesia sudah mendapat dua tendangan sudut dan tercatat satu kali mengancam gawang Vietnam.

Tekanan secara konstan terus dilakukan melalui skema serangan dari kaki ke kaki dan umpan-umpan panjang. Sementara Vietnam hanya bisa bertahan untuk meredam agresifitas pemain Timnas Indonesia.

Namun, hingga babak pertama usai, Timnas Indonesia maupun Vietnam belum bisa mencetak gol. Skor 0-0  di 45 menit pertama.

Babak Kedua 

Di babak kedua, Timnas Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan. Hasilnya, Marselino Ferdinan membuka keunggulan Timnas Indonesia di menit ke-59. Pemain nomor punggung 7 ini mencetak gol indah melalui tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti.

Marcelino.jpgMarselino Ferdinan usai mencetak gol ke gawang Vietnam, Minggu (18/9/2022). (foto: dok PSSI)

Namun keunggulan Timnas Indonesia tidak berjalan lama. Vietnam menyamakan kedudukan di menit ke-66 setelah kapten Timnas Indonesia, Ferarri melakukan gol bunuh diri.

Hasil 1-1 membuat pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengubah taktik. Striker Rabbani Tasnim masuk menggantikan Hokky Caraka. Selain itu, Alfrianto Nico juga dimasukkan untuk memperkuat sisi kanan.

Petaka datang untuk Timnas Indonesia. Di menit ke-79, Vietnam yang melakukan serangan balik mampu mencetak gol melalui 
Dinh Xuam Xing.

Ferari.jpgKapten Timnas Indonesia Ferarri melakukan seleberasi usai mencetak gol ke gawang Vietnam, Minggu (18/9/2022). (foto: dok PSSI)

Beruntung pemain Timnas Indonesia tidak patah semangat dan mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui sundulan Ferarri. Sang Kapten Timnas Indonesia mencetak gol melalui sundulan menyambut umpan tendangan sudut.
 
Berhasil menyamakan skor membuat Timnas Indonesia semakin semangat. Giliran Rabbani yang mencetak gol di menit ke-86. 

Gol Rabbani tercipta berkat keberhasilan Alfrianto Nico yang menusuk dari sisi kanan. Nico kemudian mengirim tendangan ke gawang yang gagal ditepis kiper Vietnam yang kemudian didorong dengan mudah oleh Rabbani untuk menjadikan skor 3-2 untuk Indonesia.

Skor 3-2 bertahan hingga akhir pertandingan, dan Timnas Indonesia berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. (*) 

 

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.