https://surabaya.times.co.id/
Pendidikan

Halal Bihalal IKA UB, Rektor: Alumni dan Kampus Harus Bisa Saling Memberi Kontribusi

Minggu, 05 Mei 2024 - 10:48
Halal Bihalal IKA UB, Rektor: Alumni dan Kampus Harus Bisa Saling Memberi Kontribusi Rektor UB Prof Widodo saat memberikan sambutan dalam acara halal bihalal IKA UB di Jakarta. (Foto: IKA UB for TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, MALANG – Ada berbagai pesan yang disampaikan oleh Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof Widodo untuk para alumni, pada saat gelaran Halal Bihalal Ikatan Alumni (IKA) UB, Sabtu (4/5/2024). Beberapa hal penting yang disampaikan oleh Rektor UB pada Halal Bihalal IKA UB yakni soal kontribusi yang bisa dilakukan oleh kampus untuk alumni dan alumni untuk kampus.

Rektor mengatakan, beberapa hal yang bisa dilakukan oleh kampus untuk mendukung para alumninya adalah dengan menjalin kerjasama dengan bidang yang digeluti oleh alumni. Prof Widodo menyebut, sebagai kampus yang besar, sangat banyak pihak yang ingin bekerjasama dengan UB.

"Banyak sekali yang datang ingin bekerjasama. Karena sudsh menganggap kita perguruan tinggi yang "manis". Cuman sayangnya belum banyak alumni yang datang ke tempat kita. Untuk itu saya mengundang seluruh alumni bisa berkontribusi mengembangkan kampus kita bersama," ucapnya.

Pihaknya menjanjikan, akan membantu para alumni dengan kapasitas yang dimiliki oleh UB, agar setiap alumni bisa terus berkembang dan berjaya. "Tentu dengan kemampuan kita, jejaring  yang kita miliki, kita ingin membantu semua alumni kita untuk membangun karir di tempay kerja masing-masing," tuturnya.

Prof Widodo melanjutkan, hal selanjutnya adalah mengenai kontribusi alumni untuk kampus. Beberapa hal yang bisa dilakukan alumni untuk kampus adalah dengan cara alumni bisa ikut dalam mengembangkan skill para mahasiswa, kemudian juga memberikan kesempatan para alumni muda untuk mendapatkan jejaring di dunia kerja. 

"Saya berharap betul, alumni-alumni kita yang sudah menduduki jabatan penting, jangan lupa adik-adiknya perlu karir yang baik. Saya mohon nanti IKA UB selalu mengambil adik-adiknya dari alumni UB mugkin dijadikan staff, kerja sama, atau lainya," pintanya.

Menurutnya, para alumni UB mempunyai konpetensi yang bisa bersaing di tingkat nasional atau bahkan global. Mereka juga lebih mudah terserap di dunia kerja. Hal itu dibuktikan dengan survey yang dilakukan oleh dalam satu tahun terakhir.

"Saya laporkan kepada semua alumni berdasarkan survey yang kita lakukan selama satu tahun kemarin, bahwa lebih dari 80 persen alumni kita itu bisa terserap di dunia kerja dengan tepat waktu. Ini pasti tentu ada kerjasama dengan alumni," terang Rektor.

Prof Widodo melanjutkan, pihaknya ingin kampus dan alumni bisa saling berkolaborasi untuk memberikan konstribusi terhadap program-program yang dimiliki oleh pemerintah.

"Kita akan membantu seluruh progtam pemerintah yang bisa kita lakukan. Insyaallah kita hadir juga di di IKN. Karena IKN sebagai prjtan strategis nasional, maka UB akan hadir di IKN," katanya.

Terkahir, Rektor UB menegaskan, bahwa dimanapun perguruan tinggi, hanya akan besar kalau di dukung penuh oleh alumninya. Sehinggga besar harapanya alumni bisa hadir dan mendukung kampus.

"Dan tentu UB yang sekarang sudah besar ini, tidak akan pernah jadi besar kalau tidak didukung oleh alumni. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih yang selama ini sudah mensupport UB," pungkasnya. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.