Pendidikan

YPPABK Ngawi Bekali ABK dengan Kompetensi Akademik dan Vokasi

Rabu, 28 Juli 2021 - 10:20
YPPABK Ngawi Bekali ABK dengan Kompetensi Akademik dan Vokasi YPPABK Ngawi salah satu lembaga pendidikan inklusif di Kabupaten Ngawi. (Foto: Dokumentasi YPPABK Ngawi for TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, NGAWI – Yayasan Penyelenggara Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (YPPABK) Kabupaten Ngawi, Jawa Timur tidak hanya membekali anak didik dengan kompetensi akademik. Namun juga memberikan bekal pendidikan vokasi bagi ABK (anak berkebutuhan khusus) yang belajar disana.

Pengurus YPPABK Ngawi, Fera Mieke. Fera mengatakan pendidikan vokasi sama pentingnya dengan kemampuan akademik bagi ABK.

"Secara umum, ABK, kami menyebutnya lebih spesial daripada anak pada umumnya. Mereka perlu dukungan selain dari sisi akademik juga kemampuan pada bidang yang mereka minati," kata Fera kepada TIMES Indonesia, Rabu (28/7/21).

YPPABK Ngawi b

Pendidikan vokasi yang diberikan kepada anak didik akan menjadi bekal mereka setelah belajar di yayasan. "Anak didik kita ajarkan ketrampilan pada bidang tertentu yang bermanfaat, jadi itu akan berguna kelak," kata Fera.

YPPABK Ngawi menyelenggarakan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus mulai dari jenjang dasar hingga atas. Setiap jenjang pendidikan itu juga selalu menyertakan pendidikan vokasi sebagai kurikulum yang diberikan.

Ketrampilan yang diajarkan berdasar atas pertimbangan anak didik mampu melakukan kegiatan tersebut. Seperti ketrampilan menjahit, membatik, seni lukis, dan sebagainya.

"Kebanyakan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus pesimis dengan kondisi anak. Dengan bekal pendidikan vokasi, diharapkan bisa memberikan pemahaman bahwa ABK juga memiliki kesempatan yang sama untuk meraih masa depan," jelas Fera. 

YPPABK Ngawi juga telah mengadopsi kurikulum pendidikan K-13 sebagaimana sekolah pada umumnya. Namun, pelaksanaannya tetap dilakukan dengan penyesuaian sebagaimana kemampuan anak.

YPPABK Ngawi c

Yang terbaru, YPPABK Ngawi juga telah menjalin kerjasama dengan perusahaan untuk menyalurkan lulusan di dunia kerja.

"Kita sudah ada MoU dengan perusahaan di Ngawi, Jombang, Surabaya dan lain sebagainya, Jadi kalau lulus akan diikutkan pelatihan selama 2 minggu, terakhir kita mengirim 6 anak, dan sudah masuk di mess perusahaan," ujar Fera.

YPPABK Ngawi menjadi salah satu lembaga pendidikan inklusif di Kabupaten Ngawi. Yayasan ini berada di jalan Trunojoyo No 78 C, Ngawi. Di yayasan ini menggelar pendidikan dari jenjang dasar, menengah, dan atas.(*)

Pewarta : xxx
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.