Pendidikan

Career Day & Edu Fair Elyon Christian School, Bantu Siswa Tentukan Pendidikan Selanjutnya

Sabtu, 25 September 2021 - 23:47
Career Day & Edu Fair Elyon Christian School, Bantu Siswa Tentukan Pendidikan Selanjutnya Elyon Christian School saat menggelar Career Day & Edu Fair secara daring. (Foto: Elyon Christian School)

TIMES SURABAYA, SURABAYA – Berdasarkan data penelitian Indonesia Career Center Network pada 2017 lalu, sebanyak 87 persen mahasiswa mengaku salah jurusan. Akibatnya banyak mahasiswa yang tidak optimal menyelesaikan pendidikannya. Sehingga Elyon Christian School pun menggelar Career Day & Edu Fair.

Kegiatan ini memfasilitasi setiap siswa dan orang tua untuk mendapatkan informasi selengkap mungkin terkait perencanaan kuliah. Kepala sekolah SMA Elyon Christian School, Winfrid Prayogi mengatakan pihaknya ingin siswanya bisa sedini mungkin memiliki pandangan akan melanjutkan kemana.

“Ini adalah bagian integral yang melengkapi penerapan kurikulum Cambridge dalam program pembelajaran dengan peminatan sesuai potensi dan ketertarikan siswa sehingga perencanaan dan persiapaan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di jurusan dan negara manapun telah dilakukan sedini mungkin,” tutur Winfrid.

Elyon Christian School 2

Kegiatan ini terlaksanakan sebagai bagian integral dari program akademik yang diterapkan di jenjang SMP dan SMA yang mana kurikulum dan aktivitas pembelajarannya memang telah mempersiapkan siswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi di jurusan yang diminati dan ke negara manapun.

Career Day & Edu Fair 2021, dilaksanakan pada 21-22 September 2021 secara virtual dengan mengundang beberapa pembicara tamu dan perwakilan universitas internasional serta lokal.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan panduan dan bimbingan secara menyeluruh terkait perencanaan kuliah dan karier. Hal paling utama dari merencanakan kuliah yang juga menjadi permasalahan signifikan siswa adalah siswa belum mengenal diri dan potensi yang dimiliki.

Elyon Christian School pada 21 September 2021, mengawali kegiatan Career Day & Edu Fair 2021, mengundang sosok inspiratif, Parama Suteja, mahasiswa Harvard dan juga penerima beasiswa dari beragam universitas Top di Amerika Serikat.

Dalam sesinya, Parama mengatakan pengenalan potensi diri dan pengembangan diri dari hal-hal yang kita minati menjadi hal mendasar yang siswa harus lakukan. Selain itu, setiap siswa harus memiliki mindset of optimism. Jika seseorang mengatakan tidak mungkin bisa diterima di universitas top, karena sangat kompetitif, kita tidak boleh berkecil hati.

“Kita semua perlu belajar dari pengalaman mereka yang telah diterima dan berhasil mendapatkan beasiswa. Semuanya sangat mungkin dilakukan jika kita mengetahui langkah persiapan dan bagaimana proses mendapatkannya, itulah pentingnya untuk mengembangkan pola berpikir yang penuh dengan optimisme,” ungkap Parama Suteja.

Sisw kelas 8 hingga kelas 12 Elyon Christian School juga berkesempatan mendengarkan sesi menarik dari para alumni, orang tua dari siswa berprestasi dan berkesempatan mengikuti workshop menarik dari beberapa universitas lokal di Indonesia. Ada 29 perwakilan universitas lokal dan internasional memberikan panduan untuk pendaftaran ke universitas dan informasi terupdate terkait penjurusan dan juga program beasiswa.

Harapannya dari kegiatan ini para siswa Elyon Christian School bisa mendapatkan bimbingan, panduan dan informasi terkini terkait beragam bidang, peta karier dan dinamika industri saat ini dimana banyak munculnya profesiprofesi dan program studi baru yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Tidak hanya untuk unggul dalam persaingan global, para siswa Elyon Christian School juga semakin memaknai proses perjalanan pembelajaran untuk mengenal sungguh potensi dan kekuatan diri mereka masing-masing sehingga akan banyak terlahir para pemimpin yang penuh dedikasi dalam memberikan kontribusi di tengah masyarakat. (*)

Pewarta : Khusnul Hasana (MG-242)
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.