Pendidikan

Bupati Jombang: Lulusan Unipdu Harus Siap Perubahan Dunia Digital

Minggu, 25 September 2022 - 17:04
Bupati Jombang: Lulusan Unipdu Harus Siap Perubahan Dunia Digital Salah satu lulusan terbaik Unipdu Jombang saat menerima penghargaan pada acara Wisuda Sarjana di Gor Unipdu Jombang, Minggu (25/9/2022). (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, JOMBANG – Di era digital tantangan didunia pekerjaan semakin ketat dan mudah mengalami perubahan. Lulusan dari Unipdu Jombang diharapkan mampu menyesuaikan dan siap menghadapi perubahan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Mundjidah Wahab Bupati Jombang saat memberikan motivasi kepada para wisudawan-wisudawat padap acara Wisuda Diplomat, Sarjana dan Pascasarjana di GOR Unipdu Jombang, Minggu (25/9/2022).

"Saya minta lulusan Unipdu Jombang siap pada perubahan zaman digital. Saudara semua harus memiliki semangat, ide, dan gagasan progesif dan juga pandai jejaring dan membangun relasi," kata Mundjidah dihadapan ratusan peserta wisuda Unipdu Jombang.

Unipdu-ba477f47e258a46fa.jpgMundjidah Wahab Bupati Jombang saat memberikan motivasi pada acara Wisuda Sarjana di Gor Unipdu Jombang, Minggu (25/9/2022). (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

Selain itu, mahasiswa yang telah menyandang gelar sarjana juga harus memiliki skill dan mengembangkan kemampuan diri. "Untuk memberikan kontribusinya serta mengarahkan masyarakat dalam memenuhi kesempatan kerja," paparnya.

Namun, di balik itu semua, Unipdu Jombang telah membuktikan diri sebagai kampus pesantren yang mencetak lulusan-lulusan yang terbaik dalam mengawal pembangunan Kabupaten Jombang.

"Unipdu banyak menciptakan sarjana dalam mendukung pembangunan di Jombang. Saya berharap lulusan Unipdu mampu berkontribusi aktif dikancah nasional bahkan internasional," harap orang nomor satu di Jombang ini.

Lulusan Unipdu Jombang Harus Kreatif dan Adaptif

Sementara itu, KH Zaimuddin Wijaya As'ad, selaku ketua Yayasan Pesantren Tinggi Darul Ulum (Yapetidu) Jombang menyebut lulusan Unipdu harus mampu bersaing di dunia industri.

"Saya berpesan, anak-anak ku supaya anda bisa diterima dan memberi manfaat pada era industri. Anda harus memiliki 4 hal yang mensifatkan perilaku pada sesama," ucapnya saat memberikan sambutan kepada wisudawan.

Pria yang akrab disapa Gus Zuem ini melanjutkan, dalam dunia industri, beberapa kemampuan untuk berkembang dan tetap survive harus dipunyai oleh para wisudawan.

"Anda harus literatif, memiliki kemauan membaca, karena itu semakin luas menemukan wawasan. Kemudian harus komunikatif, mudah bersilaturahmi dan bangunlah jaringan-jaringan yang bisa membuat kita diterima," ungkapnya.

Selain itu, pria yang juga pengasuh di Asrama Hurun Inn Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang ini menuturkan, lulusan Unipdu adalah orang kreatif dan profesional di setiap profesinya.

Unipdu-c.jpgKH Zaimuddin Wijaya As'ad, selaku ketua Yayasan saat memberikan motivasi pada acara Wisuda Sarjana di Gor Unipdu Jombang, Minggu (25/9/2022). (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

"Kreatif, anda harus kreatif dalam kehidupan profesi kalian. Seperti contoh jika anda pandai membuat kue, lalu anda bisa menyebarkan cara membuat kue itu di tiktok. Anda bertajwid, dan diterima oleh umat. Jangan sampai menambah pengangguran," ungkapnya.

Lebih lanjut, menurutnya, wisudawan harus mampu adaptif dalam artian mampu menyesuaikan dengan tatanan dan keadaan.

"Adaptif dan mudah menyesuaikan tantangan dengan apa yang kita hadapi. Dengan cara apa semakin mudah beradaptasi, maka semakin mudah ilmu yang kita miliki," jelasnya dalam wisuda Unipdu Jombang. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.