https://surabaya.times.co.id/
Pendidikan

Mahasiswa FK UMM Gelar Program 'My Dream' dan Edukasi Kesehatan THT untuk Siswa SD Aisyiyah Kamila

Minggu, 17 Maret 2024 - 11:29
Mahasiswa FK UMM Gelar Program 'My Dream' dan Edukasi Kesehatan THT untuk Siswa SD Aisyiyah Kamila Pemeriksaan kesehatan oleh Mahasiswa Program Magang Mitra Dosen prodi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang kepada siswa SD Aisyah Kamila. (Foto: Kelompok 164 PMM UMM)

TIMES SURABAYA, MALANG – Mahasiswa Program Magang Mitra Dosen (PMM) dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menginisiasi kegiatan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan THT (Telinga Hidung Tenggorokan) di SD 'Aisyiyah Kamila, di Jalan Watu Gilang, Kota Malang.

Kegiatan PMM UMM yang digelar pada 12-13 Februari 2024 ini adalah bagian dari upaya pendampingan dan pemberdayaan masyarakat untuk menerapkan perubahan sosial yang lebih baik.

Kegiatan ini digelar oleh Kelompok 164 dari Fakultas Kedokteran UMM, dengan program PMM Mitra Dosen prodi Fakultas Kedokteran UMM beranggotakan Maulana Sa’i Pranata, Felix Natha NF, Noura Bilqis AZJ, Salviola Catri D, Rayyan Akmal M dengan dosen pembimbing lapang dr. Nimim Putri Zahara, Sp.THT. KL 

Di SD 'Aisyiyah Kamila, mereka memberikan penyuluhan kepada para guru tentang tata cara pertolongan pertama saat anak mengalami mimisan. Para guru diberikan informasi yang lengkap dan terperinci tentang cara mengatasi mimisan pada anak-anak dengan tepat dan efektif. 

PPM-UMM-2.jpgProgram "My Dream: Aku Ingin Menjadi Dokter" yan digelar PMM UMM di SD Aisyah Kamila.

Diskusi dan tanya jawab pun berlangsung hangat, memastikan bahwa setiap peserta memahami dengan baik materi yang disampaikan. dr. Nimim Putri Zahara, Sp. THT KL, sebagai narasumber utama berharap penyuluhan ini membuat guru dapat memberikan bantuan pertama yang cepat dan tepat jika diperlukan. 

Selain itu, mereka juga mengadakan program "My Dream: Aku Ingin Menjadi Dokter" untuk memberi inspirasi kepada siswa dan memberikan pemahaman mengenai proses pendidikan dan pelatihan untuk mencapai cita-cita menjadi seorang dokter.

Seluruh siswa SD ‘Aisyiyah Kamila diberikan pemahaman tentang proses pendidikan dan pelatihan yang dibutuhkan untuk bisa menjadi dokter, serta diberikan kesempatan untuk bercerita tentang mimpi dan aspirasi mereka.

Para mahasiswa juga melakukan pemeriksaan THT pada siswa kelas 5 untuk mendeteksi dini masalah kesehatan yang mungkin terjadi. 

PPM-UMM-3.jpgMahasiswa PMM UMM dalam kegiatan edukasi kesehatan THT di SD Aisyah Kamila Malang.

Pemeriksaan meliputi pemeriksaan telinga, hidung, dan tenggorokan. Melalui pemeriksaan, ini harapannya apabila menemukan  kasus yang berhubungan dengan THT, dapat terdeteksi dini  sehingga dapat segera ada penanganan lebih cepat.  Screening ini dilakukan langsung Mahasiswa PMM kelompok 164  dan dokter ahli dibidangnya Spesialis THT yaitu dr. Nimim Putri Zahara, Sp. THT-KL. 

Selain itu, mereka memberikan penyuluhan kepada anak-anak tentang cara menjaga kesehatan THT, termasuk tanda-tanda masalah kesehatan yang perlu diperhatikan dan langkah-langkah pencegahan dan pemeliharaan yang dapat dilakukan anak-anak untuk menjaga kesehatan THT (Telinga Hidung Tenggorokan) mereka.

Program ini juga mencakup kegiatan senam bersama siswa untuk mendorong gaya hidup sehat. Selama kegiatan ini, anak-anak tidak hanya belajar tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan semangat berpartisipasi dalam kegiatan fisik.

Dalam program ini, mahasiswa program pengabdian mahasiswa FK UMM kelompok 164 merancang serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk membuat anak-anak terlibat dalam kegiatan fisik yang menyenangkan. 

PPM-UMM-4.jpgMahasiswa PMM UMM mengajak siswa SD Aisyah Kamila senam gembira sebagai bagian program edukasi kesehatan kepada pelajar.

Acara dimulai dengan sesi kebugaran jasmani, di mana anak-anak diberi kesempatan untuk melakukan pemanasan dan olahraga ringan. Mahasiswa Program Pengabdian kelompok 164 dengan penuh semangat memandu mereka melalui berbagai gerakan yang dirancang khusus untuk mengembangkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi tubuh.

Namun, program ini tidak hanya sebatas latihan fisik, para mahasiswa juga memberikan penyuluhan kepada anak-anak mengenai pentingnya menjaga kebugaran jasmani. Mereka menyampaikan pesan-pesan tersebut dengan cara yang menyenangkan, sehingga anak-anak merasa terlibat dan antusias dalam proses belajar. Melalui permainan dan game interaktif, anak-anak belajar tentang manfaat olahraga, pentingnya pola makan sehat, dan kebiasaan hidup sehat lainnya. 

Keseluruhan program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan dan motivasi siswa, guru, dan orangtua di SD 'Aisyiyah Kamila. Mahasiswa Program Magang Mitra Dosen FK UMM kelompok 164 berharap upaya ini dapat memberikan manfaat nyata bagi kesehatan anak-anak dan membuka peluang untuk kerja sama lebih lanjut dalam meningkatkan kesehatan generasi muda. (d)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.