Pendidikan

Rektor Baru UIN Maliki Malang Rencanakan Program Seratus Hari dan Lima Tahun Kedepan

Senin, 02 Agustus 2021 - 11:42
Rektor Baru UIN Maliki Malang Rencanakan Program Seratus Hari dan Lima Tahun Kedepan Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA., Rektor UIN Maliki Malang periode 2021 hingga 2025. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, MALANGRektor UIN Maliki Malang (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang) yang baru, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA telah resmi dilantik oleh Kemenag RI pada Rabu (28/7/2021) dengan masa jabatan periode 2021 sampai 2025. Rektor merencanakan program seratus hari dan program lima tahun ke depan.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Alhamdulillah berkat izin Allah saya terpillih dan tentu berat bagi saya pribadi, karena kepemimpinan jabatan bukan nikmat tapi ujian. Saya minta doa dan support dari teman-teman," ujar Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA., Rektor UIN Maliki Malang kepada para media dalam konferensi press, Senin (2/8/2021).

Prof. Dr. H.M. Zainuddin b

Prof Zain, begitu sapaan akrab Rektor UIN Maliki Malang, menjelaskan, program seratus hari merupakan program yang memiliki tujuan untuk mengevaluasi, menata manajemen kampus agar lebih efektif, efisien dan berdayaguna.

Sejauh ini, menurutnya, kinerja UIN Maliki Malang sudah bisa dikatakan efektif karena telah memperoleh nilai dari Irjen sejumlah 86 yang menunjukkan bahwa tingkat kinerja kampus telah efisien, efektif dan komitmen.

Menurut Prof Zain, hal itu perlu ditingkatkan lagi melalui program seratus hari agar sistem dapat terbangun dalam 5 tahun ke depan dan dapat mewujudkan cita-cita besar kampus yaitu menuju World Class University (WCU).

"Lalu program lima tahun ke depan ini, sesuai dengan Road Map kampus UIN Maliki Malang pada tahun 2021 hingga 2025 yaitu mengenalkan kampus dengan reputasi Internasional agar dapat menjadi kampus yang diakui oleh kampus internasional di luar negeri," ucapnya.

Prof Zain menegaskan, dua program tersebut sangat penting dilakukan agar dapat memajukan kampus UIN Maliki Malang.

Prof. Dr. H.M. Zainuddin c

"Alhamdulillah para pimpinan sudah bisa menyelesaikan program pada tahun sebelumnya. Pada program 2021-2025 ini harus bisa menyelesaikan program international and reputition, ini berat karena harus bisa bersaing dengan PTN seluruh Indonesia," ucapnya.

Rektor UIN Maliki Malang ini juga menyampaikan, terdapat 15 capaian yang telah berhasil dicapai oleh lembaga. Pencapaian pertama yaitu menjadi institusi terakreditasi A. Yang kedua, memperoleh peringkat pertama dalam pengelolaan keuangan BLU 2017-2018. Yang ketiga, perpustakaan unggul terakreditasi A. Yang keempat, menjadi associate member AUN QA. Yang kelima, memiliki layanan unggul bersertifikat ISO.

Yang keenam, memperoleh peringkat pertama good university governance 2019. Yang ketujuh, meraih peringkat 4 Ranking Top Ten  Webometrics PTKIN pada 20 Januari 2020. Yang kedelapan, meraih peringkat kedua Top Ten PTKIN (Versi UniRank 2020). Yang kesembilan, penyelenggara sertifikasi laboratorium atau perpustakaan madrasah se-Indonesia. Yang kesepuluh, 46 persen Prodi terakreditasi A selain prodi baru yang kurang dari 2 tahun.

Yang kesebelas, meraih peringkat ketiga sinta ranking PTKIN. Yang kedua belas, mendapatkan Saudi Fund Development (SFD). Yang ketiga belas, meraih peringkat 13 Grade Nilai Masuk FKIK Jalur SBMPTN. Yang keempat belas, juara umum PIONIR 2019. Kemudian yang kelima belas, Juara Umum Olimpiade Sains dan Karya Inovasi (OSKI) PTKIN 2019.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Itulah pencapaian yang berhasil kita perolah, maka dengan melakukan evaluasi lagi terhadap program kita. Harapannya ke depan bisa lebih meningkat dan kampus UIN Maliki Malang bisa menuju pada WCU," tutur Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA., Rektor UIN Maliki Malang. (*)

Pewarta : Nadira Rahmasari (MG-286)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.