Pendidikan

Wakil Gubernur Jatim Sambut Baik Pelantikan Ormawa Unusa

Senin, 02 Agustus 2021 - 14:24
Wakil Gubernur Jatim Sambut Baik Pelantikan Ormawa Unusa Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak saat memberikan sambutan saat acara pelantikan Ormawa Unusa (Foto: Humas Unusa)

TIMES SURABAYA, SURABAYA – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) melantik Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang terdiri dari Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  di lingkungan Kampus Unusa secara daring pada Jumat (30/7/2021)

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng, yang menyambut baik pelantikan organisasi mahasiswa (Ormawa).

"Dengan ikuti ormawa, mahasiswa bisa belajar untuk menjadi pemimpin, sehingga kelak bisa menjadi pemimpin yang baik untuk masa depan diri serta bangsa Indonesia. Melalui acara ini Unusa mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang baik dalam kepemimpinan," kata Rektor.

Wagub emil 1(Kiri) Rektor Unusa, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng, mendampingi Wagub Jatim dalam acara pelantikan Ormawa (Foto: Humas Unusa)

Melalui ajang Ormawa dan pelatihan kepemimpinan ini, Jazidie berharap bisa mendapatkan pemimpin untuk masa depan. Mengutip buku The Leadership Challenge, Jazidie mengatakan ada empat karakter yang harus dibutuhkan seorang pemimpin.

"Empat karakter itu meliputi jujur, berpandangan ke masa depan, inspiring, dan kompeten," jelasnya.

Keempat karakter tersebut, katanya melanjutkan, jika disatukan akan menjadi kredibilitas.

"Jika mengingat empat karakter itu adalah sesuai dengan apa yang diucapkan Nabi Muhammad SAW, yaitu, Siddiq, Amanah, Tabliq, dan Fathonah," ucap Jazidie.

Dalam acara pelantikan tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak. Ia menyampaikan bahwa millenial saat ini memiliki tantangan yang cukup besar.

"Saat ini ada generasi rebahan yang mana kondisi kesehatan akan terganggu atau tidak fit," ungkapnya.

Selain itu dirinya menerangkan beragam generasi turut muncul seiring kemajuan. Ada generasi terdisktraksi, serta generasi sumbu pendek yang mudah marah.

"Sehingga perlu adanya sering membaca literasi yang banyak, serta membaca dahulu sepenuhnya," terang Emil.

Kehadiran Unusa ini sangat berarti di masyarakat sekitar dan masyarakat Nahdliyin. "Kehadiran dan terobosan yang diberikan Unusa cukup berarti bagi masyarakat," beber Emil.

Wagub Jatim ini menjelaskan di masa pandemi ini semua kegiatan mahasiswa dilakukan secara daring. Namun ada beberapa kegiatan UKM yang tidak bisa dilakukan secara online, tapi karena kondisi pandemi, semua harus dilakukan secara online, setelah pandemi berakhir maka akan dijalani secara offline.

Sementara Ketua BEM Unusa periode 2021-2022 Riyan Asyari menjelaskan, banyak tantangan remaja saat ini yang ingin memecah belah bangsa, sehingga dengan pelatihan kepemimpinan kita bisa lebih memahami dan mengantisipasi akan adanya tindakan yang hendak memecah belah bangsa. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.