Pendidikan

Polbangtan Malang Bekali Skill Anggota TNI AL Jelang Pensiun

Selasa, 06 September 2022 - 15:37
Polbangtan Malang Bekali Skill Anggota TNI AL Jelang Pensiun Kegiatan Polbangtan Malang membekali anggota TNI AL melalui Bektram. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, MALANG – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) melalui Dinas Perawatan Personel Badan Penyalur Tenaga Kerja Wilayah Timur (Balurjaltim) melaksanakan kegiatan pelatihan bertajuk “Pembekalan dan Keterampilan (Bektram)” bagi personel TNI-AL yang akan memasuki masa purna tugas di Kampus I Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang).

Pada Triwulan III tahun 2022, kegiatan Bektram bidang Agribisnis Peternakan ini dijadwalkan berlangsung selama sembilan hari hingga 16 September 2022 dan diikuti sejumlah 25 peserta.

Kapuslatker Letkol (Mar) R. Gunawan mengatakan, kegiatan Bektram mempunyai tujuan meningkatkan skill anggota yang akan purna tugas, supaya bisa dimanfaatkan nantinya.

Polbangtan-Malang-b.jpg

Sementara itu, Direktur Polbangtan Malang melalui Kepala Unit Penelitian dan Pengabdian Maysrakat (UPPM), Suhirmato berterima kasih atas kepercayaan Balurjaltim dalam melaksanakan kegiatan Bektram. Dia berharap semua peserta bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan dari Polbangtan Malang. Serta tujuan pelaksanaannya tercapai dengan baik.

“Semoga kemitraan ini bisa berlanjut dan kita bisa bersinergi dalam rangka mewujudkan pembangunan pertanian ke depan,” kata Suhirmanto.

Kegiatan seperti Bektram ini sejalan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang mengajak para pelaku pembangunan pertanian untuk bekerja sama mengatasi persoalan pertanian. 

"Kita harus bahu membahu memajukan sektor pertanian karena ini bukan hanya tugas Kementan saja, melainkan tugas semua orang," Mentan.

Hal serupa dikemukakan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi bahwa mengatakan pihaknya telah melaksanakan sejumlah pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM pertanian.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Dedi menghimbau jajarannya untuk meningkatkan networking untuk pengembangan pertanian. 

"Networking harus tersinergi tidak hanya di internal BPPSDMP saja, tetapi juga dengan semua masyarakat di sekitar kita," kata Dedi Nursyamsi.

Polbangtan-Malang-c.jpg

Kerjasama ini sudah terlaksana untuk yang ke XXVII, tentunya merupakan suatu sinergisitas dua institusi pemerintah yang sangat strategis dimana ke dua institusi ini mempunyai tusi dan peran yang sama dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang kompeten dan profesional.

Materi yang diberikan dalam Bektram Angkatan XXVII sejumlah 9 topik, meliputi: pengolahan limbah peternakan, pengolahan pakan ternak ruminansia, pengolahan pakan tenak non ruminansia, budidaya ternak ungags dan teknologi penetasan telur, pengolahan hasil peternakan, budidaya sapi perah, budidaya sapi potong, budidaya kambing dan domba, kesehatan ternak.(*)

Pewarta :
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.