https://surabaya.times.co.id/
Pendidikan

Disbudpar Jatim Ajak 'Kartini Driver Ojol' Berwisata ke Kota Batu

Rabu, 24 April 2024 - 00:09
Disbudpar Jatim Ajak 'Kartini Driver Ojol' Berwisata ke Kota Batu Driver ojol perempuan mendapat kesempatan berwisata ke Kota Batu.

TIMES SURABAYA, BATU – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata atau Disbudpar Provinsi Jawa Timur (Jatim) punya cara spesial merayakan Hari Kartini tahun 2024 dengan mengajak para driver ojek online (ojol) perempuan untuk berwisata gratis menjelajahi destinasi wisata unggulan.

Total ada sekitar 25 orang driver ojol dari Grab Indonesia yang dimanjakan dalam wisata bertajuk Healing untuk Kartiniku #dijatimaja tersebut. 

Dengan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim Evy Afianasari bersama Pj Ketua PKK Jatim Isye Adhi Karyono, para driver ojol perempuan tersebut diajak menjelajahi sejumlah wisata di Kota Batu.

“Kegiatan famtrip Healing untuk Kartiniku ini sengaja kami gelar dalam rangka memperingati Hari Kartini. Melalui kegiatan ini, kami ingin mengenalkan daya tarik wisata di Jawa Timur dan ditujukan kepada para ibu-ibu pengemudi ojek online wanita Jatim yang tangguh,” kata Evy, Selasa (23/4/2024). 

Tidak hanya itu, kegiatan ini ditegaskan Evy juga merupakan bagian dari upaya pemerintah provinsi untuk meningkatkan apresiasi terhadap kontribusi perempuan dalam industri transportasi online dan pariwisata.

Lebih lanjut, one day famtrip ini dirancang untuk mengajak para peserta menjelajahi keindahan Jawa Timur dengan fasilitas tiket masuk gratis dan berbagai macam fasilitas wisata yang diperoleh dari kerja sama dengan pengelola deatinasi wisata. 

Selain itu, peserta juga mendapatkan fasilitas local arrangement lainnya sebagai bentuk dukungan terhadap program ini.

Mengawali perjalanan wisata, para kartini driver ojol diajak berwisata ke Florawisata San Terra de Laponte. Di sana, manajemen San Terra menyambut dan memperkenalkan peserta dengan berbagai atraksi di antaranya edukasi menanam bibit bunga dan wahana permainan.

Usai menanam bibit bunga dan menjajal wahana permainan menegangkan, para Kartini ojol itu diajak singgah untuk menikmati suguhan makan siang istimewa di Golden Hill by Golden Tulip.

“Kemudian kami juga mengajak mereka untuk Relaksasi di Onsen dengan fasilitas lengkap yang disediakan berupa kuliner Jepang, baju Yukata dan pemandian air panas,” kata Evy.

Sebagai pamungkas wisata, para driver ojol juga diajak untuk belanja oleh-oleh dengan kunjungan ke Bolu Singosari.

Tak hanya diajak belanja, namun pihak Manajemen Bolu juga mengenalkan potensi bisnis yang dapat dilakukan ibu-ibu ojek online guna meningkatkan ekonomi keluarga driver ojek online. 

“Semoga memanjakan mereka dalam wisata sehari ini bisa menjadi bagian apresiasi kami pada para perempuan tangguh sekaligus untuk lebih kenalkan wisata unggulan kita pada mereka,” imbuh Evy.

Di sisi lain, Pj Ketua PKK Jatim Isye Adhi Karyono sangat mengapresiasi kegiatan Healing Bersama Kartiniku. Dikatakannya, kegiatan ini merupakan sebuah peringatan Hari Kartini yang berbeda dengan biasanya. 

“Kami sangat mengapresiasi, karena disajikan dengan bentuk kegiatan rekreasi untuk para pahlawan keluarga. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para ibu pengemudi ojek online wanita untuk terus berkarya dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial dan ekonomi di Jawa Timur,” kata Isye. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.