Pendidikan

Mahasiswa Baru STKIP PGRI Pacitan Dikukuhkan, Ini Pesan Ketua

Kamis, 22 September 2022 - 22:29
Mahasiswa Baru STKIP PGRI Pacitan Dikukuhkan, Ini Pesan Ketua Penyerahan secara simbolis jas almamater oleh Ketua STKIP PGRI Pacitan Dr. Mukodi kepada perwakilan mahasiswa baru yang lulus PPKMB. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, PACITAN – Usai digembleng selama empat hari mengikuti program pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB), ratusan mahasiswa baru STKIP PGRI Pacitan, Jawa Timur kini resmi dikukuhkan. Pengukuhan bertempat di Pendopo Kabupaten Pacitan, Kamis (22/9/2022) pukul 13.00 WIB.

Ketua STKIP PGRI Pacitan Dr. Mukodi berpesan kepada mahasiswa baru untuk dapat menjalani seluruh proses pendidikan selama empat tahun ke depan dengan baik. Sebagai pedoman, mahasiswa juga diminta agar meneladani perintah Nabi Muhammad SAW: 

"Belajarlah dengan sungguh-sungguh dan penuh dedikasi. Jadilah engkau orang berilmu, atau orang yang menuntut ilmu, atau orang yang mau mendengarkan ilmu, atau orang yang menyukai ilmu, dan janganlah engkau menjadi orang yang kelima maka kamu akan celaka," kata Ketua STKIP PGRI Pacitan mengutip dari Al-Hadits yang diriwayatkan Baihaqi.

STKIP-PGRI-Pacitan-b9de9b82d7753c0f4.jpg

Dengan empat hal tersebut, Mukodi memastikan jika proses pendidikan yang dilaksanakan di STKIP PGRI Pacitan bisa menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan enjoy full learning untuk meraih kesuksesan di masa mendatang.

"Maknanya semua aktivitas Tri Dharma dilaksanakan dengan proses yang menyenangkan, penuh keramahan dan kebersahajaan. Menuju being successful, being meaningful, ma'annajah wa nafi'ah, sukses dalam studi dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat," terangnya.

Selain itu, pihaknya sedang berupaya melakukan penyesuaian lingkungan kampus dengan kehidupan new normal. Kendati demikian, sesuai anjuran Kemendikbud RI pembelajaran 100 persen sudah seperti biasanya, yakni luring.

"Tapi kami masih melakukan hybrid learning, campuran antara daring dan luring, sebagai ikhtiar sehat dan selamat dari berbagai virus. Tak kalah pentingnya, juga untuk menyiapkan bekal kepada para mahasiswa agar melek IT. Kita juga beradaptasi dengan kebijakan pemerintah terkait dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara bertahap sesuai kearifan lokal," jelas Mukodi usai melantik mahasiswa baru.

STKIP-PGRI-Pacitan-c9e0c6ea6f667f1bf.jpg

Sementara itu, Ketua Panitia PKKMB Mulyadi melaporkan hasil monitoring dan evaluasi  mahasiswa baru yang mengikuti PPKBM selama empat hari, yakni sejak Senin (19/9/2022) lalu dinyatakan lulus sebanyak 444 orang.

Perlu kami laporkan bahwa PPKBM diikuti oleh 465 mahasiswa, kegiatan dilaksanakan dengan metode daring dan luring, Hasil monitoring dan evaluasi panitia, dari 465 mahasiswa dinyatakan lulus sebanyak 444, kemudian dinyatakan lulus bersyarat 13 mahasiswa, dan dinyatakan tidak lulus sebanyak 8 mahasiswa," paparnya.

Selain itu, Mulyadi juga mengucapkan terima-kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan PKKMB 2022. Terutama kiprah para pendidik saat menggembleng para mahasiswa barus di STKIP PGRI Pacitan selama empat hari.

"Mudah-mudahan mahasiswa baru ini menjadi terbaik di masa yang akan datang. Bagi mahasiswa yang belum lulus tahun ini, mohon untuk segera memenuhi persyaratan yang ditentukan panitia PKKMB dan mengikuti di tahun yang akan datang," ujarnya.

Sebagai informasi, besok pagi, Jumat (23/9/2022) sebanyak 15 mahasiswa STKIP PGRI Pacitan akan melaksanakan KKN kolaboratif di bawah Koordinator Konsorsium UNAIR Surabaya. Tak hanya itu, mereka juga berkolaborasi dengan ITS untuk mengentaskan desa eliminasi stunting (EMAS) di 10 lokus di lima kecamatan, yakni Bandar, Nawangan, Sudimoro, Tegalombo dan Tulakan. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.