Pendidikan

Wisuda ke-123, Untag Surabaya Kukuhkan 1316 Wisudawan

Sabtu, 25 September 2021 - 18:24
Wisuda ke-123, Untag Surabaya Kukuhkan 1316 Wisudawan Prosesi wisuda di Untag Surabaya yang digelar pada Sabtu, 25 September 2021 (FOTO: Humas Untag to TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, SURABAYA – Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya mewisuda 1316 wisudawan, Sabtu (24/9/2021). Dalam wisuda ke-123 periode II Semester Genap 2020/2021 ini, wisudawan terdiri dari 39 wisudawan Diploma 3, 1145 wisudawan Strata-1, 94 wisudawan Strata-2, 37 wisudawan Strata-3.

Prosesi pengukuhan wisuda dipimpin langsung oleh Rektor Untag Surabaya, Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA.

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, prosesi wisuda kali ini terlaksana secara hybrid di Gedung Graha Widya lantai 2. Kegiatan dihadiri perwakilan jajaran Rektorat dan Senat dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan.

Mewakili peserta wisudawan virtual, 9 wisudawan terbaik menghadiri prosesi wisuda secara langsung. Sementara pada wisudawan yang hadir secara virtual, prosesi simbolis pemindahan tali mortar wisudawan dilakukan oleh orang tua atau wali wisudawan dan dipimpin oleh Rektor.

Prosesi-wisuda-di-Untag-Surabaya-2.jpg

Wisuda ke-123 Untag Surabaya mengambil tema “Rambate Rata Hayu, Holopis Kuntul Baris”, slogan yang sering disuarakan oleh Ir. Soekarno, presiden pertama republik Indonesia sebagai seruan semangat dan tekad gotong royong. Pada momen wisuda kali ini, Rektor Untag Surabaya mengajak wisudawan untuk tetap melestarikan budaya gotong royong yang merupakan warisan budaya adiluhung dan salah satu sarana pemersatu bangsa.

“Jangan biarkan semangat gotong royong luntur, tergerus dengan perkembangan jaman.  Tumbuhkan semangat gotong royong dalam gaya modern, yaitu kesadaran dan tanggung jawab terhadap kepentingan bersama,” tutur Prof. Nugroho dalam sambutannya.

Sikap gotong royong menjadi sikap yang dibutuhkan baik menghadapi pandemi maupun menaklukkan tantangan
bangsa di masa yang akan datang.

Lebih lanjut Prof. Nugroho menyebut Society 5.0 yang erat kaitannya dengan Internet of Things (IoT) menuntut pemuda untuk bergotong royong atau bersinergi dan berkolaborasi. Adanya kolaborasi antar disiplin ilmu dan lintas industri akan menghasilkan karya yang unik dan inovatif.

“Saatnya menorehkan kontribusi nyata dalam masyarakat. Tetap belajar dan berkarya karena sejatinya keduanya merupakan proses yang tidak pernah berhenti sampai kapanpun,” pesan Prof. Nugroho.

Prosesi-wisuda-di-Untag-Surabaya-3.jpg

\Hal yang sama juga disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Suprapto, DEA., Kepala LLDIKTI Wilayah VII. Selepas lulus dari Perguruan Tinggi, kolaborasi menjadi softskill yang penting untuk diasah dan diaplikasikan saat terjun ke masyarakat.

Softskill lainnya seperti kemampuan berpikir kritis, kreatifitas dan komunikasi menjadi hal lain yang harus selalu ditingkatkan.

“Anda dilahirkan dari sebuah Perguruan Tinggi yang bagus, mestinya tidak akan mengecewakan kampus saat terjun ke
masyarakat,” tutur Prof. Suprapto.

Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., IPU, Asean Eng, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) juga memberikan wejangan kepada wisudawan.Ia mengatakan, gelar yang diperoleh hari ini sejalan dengan tanggung jawab sebagai para intelektual dan sebagai manusia yang makin produktif. Gelar yang diperoleh bukan akhir dari pembelajaran karena perubahan yang sangat cepat di dunia kerja mengharuskan semua orang menjadi pembelajar sejati.

“Bekal yang Anda peroleh dari Pendidikan di Untag Surabaya merupakan modal yang sangat penting untuk mengembangkan karir. Semangat berkarya dan berkarir,” tutupnya.

Prosesi Wisuda kali ini, tercatat wisudawan dengan IPK Terbaik. Luksmita Edrikarina dari program studi Diploma3 Agroindustri dengan IPK 3.91 jenjang Diploma. Nurul Ika Mardyani dari
Prodi Administrasi Negara dan Hendry dari Prodi Teknik Sipil sebagai peraih IPK tertinggi 3.95 Program Sarjana.

Sementara untuk Mahasiswa Program Pascasarjana Unitomo Surabaya, IPK terbaik 3.97 diraih oleh Adrian Denar Wahyu Nugraha dari program studi Magister Manajemen serta peraih IPK Terbaik 3,96 diraih oleh Sarbini, Doktor Ilmu Hukum. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.