Berita

Lantunan Tahlil Sambut Kedatangan Jenazah Almarhum Prof Azyumardi Azra

Selasa, 20 September 2022 - 07:03
Lantunan Tahlil Sambut Kedatangan Jenazah Almarhum Prof Azyumardi Azra Jenazah Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra tiba di kediamannya. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, JAKARTA – Jenazah almarhum Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra telah tiba di rumahnya di Komplek Puri Laras 2, Cirendeu, Ciputat Timur Tangerang Selatan pada Senin (19/9/2022).

Berdasarkan pantauan langsung TIMES Indonesia, jenazah almarhum Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra tiba dirumah duka sekitar pukul 23.55 WIB dan disambut oleh keluarga, saudara, tetangga, kolega dan masyarakat.

Turut hadir Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Komisaris Angkasa Pura I Irfan Asy'ari Sudirman Wahid atau yang akrab disapa Ipang Wahid menyambut kedatangan jenazah almarhum Prof Azyumardi Azra di rumahnya.

Suparta.jpgProf Suparta dalam memberikan sambutan kedatangan jenazah almarhum Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

Diiringi lantunan kalimat tahlil, peti jenazah Prof Azyumardi Azra yang ditutupi bendera merah putih dikeluarkan dari mobil jenazah yang membawa almarhum dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Sebelum memasuki tempat persemayaman dirumahnya sendiri, dilakukan prosesi penyambutan jenazah almarhum Prof Azyumardi Azra yang dipimpin Prof Suparta.

"Selamat datang sahabatku, guru kita, saudara kita Profesor Azyumardi Azra kembali ke kediaman. InsyaAllah Profesor Azyumardi Azra malam hari ini tidak lupa alamat rumah Prof Azyumardi Azra bersama keluarganya," ucap Prof Suparta dalam sambutannya.

Prof Suparta mengaku bangga atas segala kebaikan, segala perbuatan yang memberikan banyak orang, baik UIN, bangsa Indonesia maupun bangsa negara seluruh dunia.

"Kita semua menyaksikan hal itu dan oleh karena itulah kami bangga," kata Prof Suparta didepan rumah kediaman Prof Azyumardi Azra.

Lukman-Hakim-Saifuddin.jpgMantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melakukan shalat jenazah di depan peti almarhum Prof Azyumardi Azra. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

Prof Suparta meminta kepada masyarakat dan tamu yang hadir untuk mendoakan bersama Prof Azyumardi Azra agar diampuni segala kesalahan.

"Kita do'akan bersama mudah-mudahan seluruh kesalahan dan keklruannya diampuni oleh Allah SWT dan seluruh amal baiknya diterima," kata Prof Suparta.

Prof Suparta menjelaskan, proses selanjutnya jenazah almarhum Prof Azyumardi Azra disemayamkan dirumah duka dan pada Selasa (20/9/2022) pagi akan bergeser ke Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

"Pukul 06.30 WIB, kita akan memberangkatkan jenazah almarhum untuk bersama-sama kita shalati dan kita doakan," jelasnya.

Setelah dari UIN, lanjut Prof Suparta, jenazah almarhum Prof Azyumardi Azra akan langsung dibawa ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

"Proses selanjutnya dari UIN akan diberangkatkan ke Taman Makam Pahlawan Kalibata. Karena itu sahabat-sahabatku sekalian yang saya hormati, dipersilahkan besok pagi bersama-sama untuk mendoakan dan menyolatkan almarhum," bebernya.

Selanjutnya, Prof Suparta meminta kepada masyarakat dan awak media yang hadir dirumah Prof Azyumardi Azra untuk tidak memasuki ruang persemayaman.

Setelah memasuki ruangan persemayaman, mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin beserta tamu yang lainnya melaksanakan shalat jenazah didepan peti almarhum Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi.

Diberitakan sebelumnya Prof Azyumardi Azra meninggal dunia di Rumah Sakit Serdang Selangor Malaysia setelah mendapat perawatan intensif di rumah sakit tersebut.

Sebelumnya Mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah mengalami gangguan kesehatan di dalam pesawat saat hendak mendarat di Bandara Internasional Kuala Lumpur Malaysia.

Kedatangan Prof Azyumardi Azra ke Malaysia untuk menghadiri Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam di Selangor, Sabtu (17/9/2022) lalu. Namun sayang, hingga hari berlangsungnya acara tersebut, tokoh cendikiawan muslim Indonesia belum juga keluar dari rumah sakit tempat dirinya dirawat.

Dalam agenda Konferensi Internasional Kosmopolitan tersebut bersama Prof Emeritus Dato Dr Osman Bakar dari Malaysia, Dr. Muhammad Nur Manuty dari Dar al-Hikmah, Malaysia, dan Prof Dr. Syed Khairuddin Aljunied dari UBD, Brunei Darussalam, diketahui Prof Azyumardi Azra telah menyiapkan makalah khusus. Makalah itu rencananya akan dipaparkan dalam agenda tersebut.

TIMES Indonesia mendapatkan karya Cendekiawan Muslim tersebut secara utuh dengan judul 'Nusantara untuk Membangkitkan Peradaban: Memperkuat Optimisme dan Peran Umat Muslim Asia Tenggara'.

Dalam makalah tersebut, Prof Azyumardi Azra menyampaikan, setidaknya dalam empat dasawarsa terakhir, ada euforia di kalangan Muslim sejagat tentang kebangkitan peradaban Muslim, atau bahkan kebangkitan Islam.

"Meski ada pencapaian pencapaian tertentu yang membuat kalangan Muslim bisa optimis tentang kebangkitan peradaban tersebut, tapi dalam segi-segi lain, cukup banyak pula gejala dan kecenderungan yang membuat pandangan tersebut boleh jadi lebih sekedar retorik daripada kenyataan," tulis Ketua Dewan Pers yang juga merupakan guru besar UIN Syarif Hidayatullah Prof Azyumardi Azra. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.