https://surabaya.times.co.id/
Berita

UB Perketat Pengamanan di Sejumlah Titik Saat Pelaksanaan UTBK

Selasa, 30 April 2024 - 19:00
UB Perketat Pengamanan di Sejumlah Titik Saat Pelaksanaan UTBK Pemeriksaan peserta UTBK hari pertama di Universitas Brawijaya. (Foto: Humas UB)

TIMES SURABAYA, MALANG – Pengamanan di Universitas Brawijaya (UB) selama gelaran Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) diperketat. Hal ini dimulai sejak hari pertama pelaksanaan UTBK, Selasa (30/4/2024). Sejumlah titik seperti gedung tempat pelaksanaan ujian, hingga jalan raya di sekitar kampus UB mendapatkan perhatian penuh dari panitia penyelenggara.

Koordinator Keamanan UB Mohammad Najmudin menjelaskan 97 personil diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan UTBK.

“Sebanyak 97 personil tersebut terbagi di beberapa titik, gedung lokasi ujian, dan pertigaan yang menimbulkan kemacetan kendaraan. Kami sudah buat juklak untuk sistem buka tutup gerbang baik Veteran, Mayjend Panjaitan atau betek, KPRI, dan BNI,” terangnya.

Dia menambahkan, ada minimal dua personil yang diterjunkan disetiap titik. Sementara untuk lokasi rawan kemacetan seperti di bundaran, pertigaan UB hotel, pertigaan teknik FIA, dan Samantha Krida ada tiga personil yang disiagakan.

“Pengantar yang menggunakan roda empat dan menunggu di dalam kita arahkan ke pusat parkir. Di tiap titik kita terjunkan minimal dua personil, di bundaran ada tiga personil, di Gazebo kompos tiga personil, di beberapa drop zone, serta di tiap-tiap ruangan antara satu sampai tiga orang tergantung jumlah peserta dan luasnya gedung,” kata Najmudin.

Koordinator Pelaksana Heri Prawoto, S.Sos., M.A.B menambahkan, selain penerjunan tim pengamanan, panitia UTBK juga melakukan pengecekkan dengan menggunakan metal detektor untuk mengantisipasi kecurangan peserta.

Semua peserta sebelum  masuk ruangan harus menaruh handphone, ikat pinggang, aksesoris, jam tangan, dan alas kaki di ruang tunggu. Sebelum masuk ke ruangan, petugas memeriksa peserta dengan menggunakan metal detektor sekaligus dilakukan perabaan oleh petugas.

“Petugas perempuan akan meraba tubuh peserta perempuan, dan petugas cowok akan meraba tubuh peserta cowok. Bagi peserta yang memakai hijab akan di cek di bagian telinga apakah ada alat tersembunyi atau tidak. Kami akan melakukan pemeriksaan mulai dari ujung kaki sampe ujung kepala sehingga semua dipastikan aman,” terangnya.

Sebagai informasi, UB menerapkan sistem buka tutup gerbang masuk di jam-jam tertentu. Berikut aturannya:

Gerbang Veteran
Sesi 1: gerbang masuk buka pukul 04.00,
tutup pukul 08.30
Sesi 2 : gerbang masuk buka pukul 10.30,
tutup pukul 13.15.
Buka kembali pukul 16.15
Gerbang keluar dibuka 24 jam

Gerbang BNI
Sesi 1: gerbang masuk buka pukul 05.30
tutup pukul 08.30
Sesi 2 : gerbang masuk buka pukul 10.30
tutup pukul 13.15.
Buka kembali pukul 16.15
Gerbang keluar dibuka 05.30-18.00

Gerbang Mayjend Panjaitan
Sesi 1 : gerbang masuk buka pukul 05.30,
tutup pukul 08.30
Sesi 2 : gerbang masuk buka pukul 10.30,
tutup pukul 13.15.
Buka kembali pukul 16.15
Gerbang keluar dibuka 05.30-18.00

Gerbang KPRI
Sesi 1: gerbang masuk buka pukul 04.00,
tutup pukul 08.30
Sesi 2: gerbang masuk buka pukul 10.30
tutup pukul 13.15.
Buka kembali pukul 16.15
Gerbang Watugong (keluar) buka 05.30-20.00. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.