https://surabaya.times.co.id/
Berita

Ratusan Pelaku UMKM Surabaya Cek Merek dan Optimalisasi Penjualan Digital

Kamis, 21 November 2024 - 11:36
Ratusan Pelaku UMKM Surabaya Cek Merek dan Optimalisasi Penjualan Digital Pelaku UMKM saat mencoba melakukan cek merek produk melalui Trademark Analyzer Mebiso, Kamis (21/11/2024).(Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, SURABAYA – Total 150 pengusaha sektor UMKM di Surabaya melakukan cek merek produk mereka secara real time menggunakan Trademark Analyzer Mebiso.

Pendaftaran merek sendiri merupakan langkah penting yang perlu dilakukan sejak dini. Dengan melindungi ide dan inovasi melalui pendaftaran merek, pengusaha kecil terutama, tidak hanya mengamankan hak eksklusif atas karya mereka. Tetapi juga membangun fondasi yang kuat untuk kesuksesan jangka panjang di dunia profesional.

“Sehingga, bisa mendapatkan prosentase keberhasilan mereknya setelah menggunakan Trademark Analyzer dan bisa segera melakukan pendaftaran merek,” kata CEO Mebiso, Hesti Rosa saat acara BIT Corner di Surabaya, Kamis (21/11/2024).

Sebab, lanjut Hesti,  prinsip perlindungan merek di Indonesia bersifat first to file. 

“Artinya siapa cepat dia berhak. Pelaku usaha yang sudah mendaftarkan merek akan mendapatkan hak eksklusif setelah sertifikat mereknya terbit. Perlindungan merek ini diberikan sejak pendaftaran merek dimohonkan,” kata dia.

Optimalkan Market Digital

Mebiso.jpg Mebiso dalam acara BIT Corner Roadshow Jawa Timur di Surabaya, memberikan tips dan trik pemasaran digital, Kamis (21/11/2024).(Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

Dalam kesempatan tersebut, mereka juga mendapatkan ilmu penting tentang penjualan digital. Sebab bedasarkan data We Are Social, hingga bulan Oktober 2024, sebanyak 56 persen penduduk Indonesia melakukan pembelian online setiap minggunya. 

Hal ini merupakan pengaruh perkembangan transformasi digital di Indonesia yang semakin pesat. Sehingga, banyak mengubah kebiasaan manusia. Utamanya, dalam berbelanja. 

Saat ini, pelaku usaha, baik UMKM, korporasi dan bisnis lainnya mulai menggencarkan strategi pemasaran digital. Tujuannya, untuk meningkatkan penjualan.

Namun, tak sedikit dari mereka yang masih belum mengetahui caranya. Mebiso dalam acara BIT Corner Roadshow Jawa Timur di Surabaya, juga memberikan tips dan trik pemasaran digital yang menghasilkan cuan yang melimpah dengan judul ‘Jurus Ampuh Ibu Rumah Tangga Kebanjiran Orderan dengan Modal Minimal.’

Acara ini juga dihadiri oleh sederet komunitas bisnis. Antara lain komunitas Tangan di Atas (TDA) Surabaya, Sukses Berkah Community, Komunitas BBB dan komunitas bisnis lainnya.

Kegiatan ini menghadirkan Eny Kusumawardani, Praktisi Meta, Google & TikTok Ads. Ia merupakan ibu rumah tangga yang memiliki usaha dan memanfaatkan platform digital sehingga bisa menghasilkan banyak uang.

“Melalui kegiatan ini, saya memberikan tips dan trik mengoptimasi Meta Ads untuk membantu pemasaran digital dan meningkatkan penjualan,” kata Eny.

Menurut Eny, menguasai Meta Ads merupakan langkah strategis bagi pengusaha yang ingin memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan secara signifikan. 

“Mengoptimalkan Meta Ads adalah kunci untuk memaksimalkan hasil dari setiap kampanye pemasaran digital,” kata dia.

Eny menyebut, terdapat beberapa tips penting dalam optimasi Meta Ads meliputi: pertama, tentukan tujuan iklan dengan jelas. Seperti meningkatkan kunjungan website, penjualan, atau kesadaran merek. 

“Kedua, kenali audiens secara mendalam dan manfaatkan fitur penargetan Meta Ads untuk menyasar audiens yang tepat berdasarkan demografi, minat, dan perilaku,” papar Eny.

Ketiga, buat konten visual dan copywriting yang menarik perhatian dalam beberapa detik pertama. Terakhir, lakukan pengujian A/B untuk melihat mana strategi yang paling efektif dan terus optimalkan berdasarkan hasilnya. Dengan langkah-langkah ini, pengusaha dapat memastikan setiap anggaran yang dikeluarkan memberikan hasil terbaik.

"Optimasi Meta Ads bukan hanya soal memasang iklan, tetapi tentang memahami audiens, menyampaikan pesan yang tepat, dan terus beradaptasi untuk mencapai hasil maksimal," imbuh dia.

Selain memberikan edukasi mengenai pentingnya Meta Ads, Mebiso juga memberikan kesempatan bagi pengusaha untuk bisa melakukan pengecekan secara realtime dengan trademark analyzer dari Mebiso. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.