TIMES SURABAYA, BANDUNG – Masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 yang telah berlangsung sejak 19 Desember 2024 menunjukkan lonjakan signifikan pada jumlah penumpang kereta api di wilayah PT Kereta Api (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung (PT KAI Daop 2 Bandung).
Hingga 30 Desember 2024, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung melaporkan bahwa 517.711 pelanggan telah terlayani dengan baik.
Executive Vice President KAI Daop 2 Bandung, Dicky Eka Priandana, mengungkapkan bahwa dari total jumlah tersebut, sebanyak 258.542 penumpang merupakan pelanggan yang naik atau berangkat, sedangkan 259.169 pelanggan lainnya adalah penumpang yang turun atau datang ke wilayah Daop 2 Bandung.
"Peningkatan jumlah penumpang ini mencerminkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, dan tepat waktu, terutama di musim liburan seperti Nataru," jelas Dicky.
Untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat selama masa liburan, PT KAI Daop 2 Bandung telah mengoperasikan berbagai perjalanan kereta api reguler serta menambah jadwal kereta api tambahan.
Langkah ini dilakukan untuk memastikan kelancaran transportasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.
Dengan masa Angkutan Nataru yang masih akan berlangsung hingga 5 Januari 2025, jumlah penumpang diperkirakan akan terus bertambah, terutama pada arus balik liburan antara 1 hingga 5 Januari 2025.
Dicky juga mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk tiba di stasiun setidaknya satu jam sebelum jadwal keberangkatan guna menghindari keterlambatan. Selain itu, pelanggan diharapkan memastikan tiket serta dokumen perjalanan lainnya sudah siap sebelum tiba di stasiun.
Untuk kemudahan, PT KAI mendorong pelanggan memanfaatkan aplikasi Access by KAI yang menyediakan berbagai informasi terkait jadwal kereta api, pembelian tiket, hingga fasilitas lainnya.
"Liburan Natal dan Tahun Baru lebih aman, nyaman, dan menyenangkan bersama kereta api. Pesan tiket sekarang, setiap tiket menyelamatkan bumi dari emisi karbon. Ayo Naik Kereta Api," pungkas Dicky.
Dalam menghadapi masa liburan ini, PT KAI Daop 2 Bandung terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan. Semua perjalanan kereta api dipastikan berlangsung dengan aman, nyaman, dan selamat hingga akhir periode Nataru.
Komitmen ini sejalan dengan visi PT KAI untuk menjadikan kereta api sebagai pilihan utama transportasi masyarakat, khususnya dalam momen-momen penting seperti liburan Natal dan Tahun Baru.
Dengan lonjakan jumlah pelanggan ini, PT KAI Daop 2 Bandung tidak hanya membuktikan kualitas layanan mereka, tetapi juga menjadi bagian penting dalam mendukung mobilitas masyarakat selama liburan akhir tahun. (*)
Artikel ini sebelumnya sudah tayang di TIMES Indonesia dengan judul: PT KAI Daop 2 Bandung Catat Lonjakan Penumpang Selama Masa Angkutan Nataru 2024-2025
Pewarta | : Harniwan Obech |
Editor | : Ronny Wicaksono |