https://surabaya.times.co.id/
Berita

Segera Nikahkan Putra Ketiganya, Khofifah Ziarah Makam dan Gelar Yatiman

Kamis, 19 September 2024 - 20:00
Segera Nikahkan Putra Ketiganya, Khofifah Ziarah Makam dan Gelar Yatiman Khofifah Indar Parawansah bersama Yusuf Mannagalli saat doa bersama dan menggelar pembagian santunan untuk anak yatim dan dhuafa di kediamanya. (Foto: Dok. KIP)

TIMES SURABAYA, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa akan menikahkan putranya bernama Yusuf Mannagalli dengan gadis bernama Jihan Qonitatillah, besok Jumat (20/9/2024).

Pernikahan Yusuf dan Jihan akan dilangsungkan di Grand Ballroom Al Marwah Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, pada Jumat 20 September 2024 atau 16 Robiul Awwal 1446 H pukul 13.30 WIB. 

Jelang acara sakral tersebut, hari ini, Kamis (19/9/2024), Khofifah menggelar pembagian santunan untuk anak yatim dan dhuafa serta ziarah makam sang suami yaitu Indar Parawansa. Tak hanya itu, Khofifah juga ziarah ke makam orang tua yang ada juga di satu komplek makam.

“Jadi hari ini ada santunan anak yatim, juga ada santunan lansia serta duafa. Kemudian kita juga ziarah karena bapaknya Yusuf ini sudah wafat jadi, maka kita ziarah,” tegasnya. 

Khofifah-Indar-Parawansah-2.jpg

Khofifah mengatakan, nyekar ke makam suami dan juga ke makam orang tua ini adalah bagian dari proses untuk pamit karena akan ada hajat menikahkan sang anak. 

“Kita akan punya hajat yaitu menikahkan anggota keluarga kita, Yusuf. Tentu ini menjadi bagian saling menghormati baik yang hidup maupun yang sudah wafat. Proses-proses seperti ini saya rasa menjadi satu kesatuan bagaimana penghormatan kita kepada seluruh anggota keluarga kita,” tegasnya. 

Sedangkan santunan pada lansia itu dikatakan Khofifah adalah bagian dari sodaqoh dan untuk menghilangkan bala’ supaya semua proses diberi kemudahan kelancaran, kesuksesan dan keberkahan oleh Allah SWT.

Lebih lanjut Khofifah menegaskan bahwa akad nikah akan dilangsungkan besok. Yang istimewa Presiden RI Joko Widodo Insya Allah  akan hadir dan menjadi saksi nikah dari pihak mempelai laki-laki. 

“Sebelum akad nikah akan ada prosesi pasrah tinampih yaitu penyerahan mempelai laki-laki ke keluarga mempelai perempuan, itu acara internal keluarga pada paginya di Al Akbar juga,” kata Khofifah. 

“Baru nanti insyaallah pukul 13.15 WIB Pak Presiden akan hadir, dimana beliau akan menjadi saksi dari keluarga mempelai pria,” imbuhnya. 

Setelah proses akad nikah, acara akan langsung dilanjut dengan prosesi resepsi pernikahan. Acara dilakukan beruntun karena putra Khofifah setelah nikahan memang harus segera berangkat ke Inggris untuk melanjutkan studi. Sebab Yusuf mendapatkan beasiswa Chevening di Universitas College London (UCL).

Selepas resepsi, malam harinya masih akan dilanjutkan selametan di kediaman di Jemursari bagi tamu-tamu yang mungkin belum bisa hadir di acara siang hari di Masjid Nasional Al Akbar.

Di sisi lain, Khofifah pun menyampaikan satu pesan untuk sang putra yang segera akan melepas masa lajang. Pada Yusuf, Khofifah mendoakan sang putra bisa membina rumah tangga yang maslahah,  sakinah mawaddah wa rohmah. 

“Pada anak saya, saya sempat sampaikan semingguan yang lalu. Bahwa pernikahan ini membutuhkan adaptasi-adaptasi dari dinamika kehidupan yang ada. Terlebih keduanya dokter, sangat mungkin akan memiliki kesibukan masing-masing. Sehingga perlu ada equilibrium dynamic, itu yang saya sampaikan dinamika itu harus dicari titik equilibriumnya dan harus mulai beradaptasi. Tidak hanya dengan istrinya saja tapi begitu juga dengan keluarga istrinya dan keluarga besar istrinya ,” ujarnya. 

Tak hanya itu, Khofifah juga memberikan satu pesan khusus pada Yusuf. Khususnya untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan istri di masa depan. 

“Tapi secara khusus saya pesan kepada anak saya. Dulu mertua saya setelah selesai akad nikah mertua saya berpesan, kalau kamu marah pukulah istrimu dengan hidungmu,” tegasnya. 

“Itu artinya balaslah dengan kasih sayang. Itu menjadi bagian penting untuk saling bisa memberikan pengertian, saling memberikan kasih sayang,” pungkas Khofifah. (*)

Pewarta : Rudi Mulya
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.