Ekonomi

ARCHIE: Peluang UMKM Indonesia Menembus Pasar Thailand

Rabu, 16 Juni 2021 - 16:00
ARCHIE: Peluang UMKM Indonesia Menembus Pasar Thailand ARCHIE menyelenggarakan webinar Model Komunikasi Bisnis dan Koneksi dengan Thailand bagi para pelaku UMKM. (Foto: ARCHIE)

TIMES SURABAYA, JAKARTA – Association of Researchers on Communication, Humanities, Informatics and Engineering (ARCHIE) menyelenggarakan webinar Model Komunikasi Bisnis dan Koneksi dengan Thailand bagi para pelaku UMKM (16/6/2021). Webinar ini sebagai salah satu upaya menjembatani kebutuhan UMKM untuk terhuhung dengan para pelaku binis di Thailand.

President of ARCHIE, Ulani Yunus, menyampaikan bahwa Indonesia dan Thailand sebagai dua kekuatan ekonomi di Kawasan Asia Tenggara, memiliki sasaran diplomasi ekonomi yang sejalan, yakni memanfaatkan strategi ekonomi dengan mengimplementasikan revolusi industry 4.0.

"Dalam bidang ekonomi kreatif, Indonesia dan Thailand memiliki visi yang sama yakni mengembangkan sektor ekonomi digital, ekonomi kreatif dan pembangunan sumber daya manusia," katanya. 

Yunus menyampaikan ekonomi digital dan ekonomi kreatif bukan hanya dapat diakses oleh perusahaan besar, tetapi saat ini justru dilakukan oleh pelaku UMKM melalui kerjasama dengan market place yang sudah tersedia.

Ulani Yunus

“Masih banyak pelaku yang belum mengaksesnya dan masih banyak pula peluang yang dapat dikembangkan. Webinar ini sebagai salah satu upaya menjembatani kebutuhan UMKM untuk terhuhung dengan para pelaku binis di Thailand.” Tambah Ulani. 

Bekerjasama dengan Perkumpulan Bumi Alumni Universitas Padjadjaran (PBA-UNPAD) webinar ini menghadirkan pembicara dari Atase perdagangan KBRI di Bangkok, Thailand- Flora Susan, Adre Zaif Racgman – Ex Pasage to Asean Officer Rangsit University, Dicky Komar – Ex.Deputy Chief of Mission Embassy of the Republic of  Indonesia in Bangkok, Kingdom of Thailand, dan Ulani Yunus Founder Archie, dan Leader of RIG Cross Cultural Communication, Binus.

ARCHIE sendiri merupakan asosiasi peneliti yang diinisiasi oleh dosen-dosen Bina Nusantara (BINUS) Jakarta pada April 2021.  Keanggotaan ARCHIE terbuka bagi para peneliti di Indonesia.(*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.