https://surabaya.times.co.id/
Hukum dan Kriminal

Jangan Main-main! Menteri AHY dan Polda Jatim Beber Target Operasi Mafia Tanah

Sabtu, 16 Maret 2024 - 14:03
Jangan Main-main! Menteri AHY dan Polda Jatim Beber Target Operasi Mafia Tanah Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono saat acara pengungkapan target operasi tindak pidana pertanahan (mafia tanah) di Wilayah Jawa Timur 2024 di Mapolda Jatim, Sabtu (16/3/2024). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, SURABAYA – Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) datang ke Mapolda Jatim dalam rangka pengungkapan target operasi tindak pidana pertanahan (mafia tanah) di Wilayah Jawa Timur 2024.

AHY mengatakan, Kementerian ATR/BPN berkomitmen untuk memberantas mafia tanah di Jatim. Dia juga memastikan jumlah target khusus operasi mafia tanah meningkat pada tahun ini.

"Pada 2024, target operasi mafia tanah meningkat dan berjumlah 82 target. Angka ini menggemuk dibanding 2023 dan bisa saja bertambah," ungkap AHY saat press conference di Polda Jatim.

Adapun pada 2023, kata dia, ada target operasi mafia tanah sebanyak 60 kasus. Sementara untuk tahun ini diperkirakan kerugian dari target operasi yang ditentukan mencapai Rp1,7 triliun dengan luas bidang tanah lebih kurang 4.500 hektare di Indonesia.

Agus-Harimurti-2.jpgMenteri ATR/BPN saat acara pengungkapan target operasi tindak pidana pertanahan (mafia tanah) di Wilayah Jawa Timur 2024 di Mapolda Jatim, Sabtu (16/3/2024). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

Dari angka tersebut, target operasi mafia tanah di Jawa Timur sendiri, kata AHY lebih kurang ada 7 target operasi tahun ini.

AHY juga memastikan, pihaknya akan berkomitmen menjaga tidak ada orang dalam (internal) kementerian yang ikut bermain dalam mafia tanah.

Sementara itu, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto menuturkan, bahwa pada 2023, satgas mafia tanah mengungkapkan ada 4 target khusus operasi. Dari angka itu, ada 15 tersangka dan menyelamatkan aset tanah lebih kurang 11 ribu meter persegi. ”Pada tahun ini, ada sebanyak 7 target operasi pertanahan oleh satgas Jatim. Dan ada 2 kasus sudah P-21. Keduanya ini dari Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Pamekasan,” ungkap Imam Sugianto. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.