https://surabaya.times.co.id/
Pendidikan

Syiar Ramadan, UIN Maliki Malang Bahas Peningkatan Mutu Akademik

Sabtu, 08 Mei 2021 - 09:38
Syiar Ramadan, UIN Maliki Malang Bahas Peningkatan Mutu Akademik Syiar ramadan UIN Maliki Malang di hari kedua puluh enam ramadan. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, MALANG – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) membahas Puasa dan Komitmen Meningkatkan Mutu Akademik di Syiar Ramadan hari kedua puluh enam.

Narasumber kali ini hadirkan, Dr. M. Faisol, M.Ag, Dr. Ali Ridho, M. Si, Dr., H. M. Lutfi Mustofa, M.Ag, Drs. M. Yunus, M.Si  dan Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag sebagai moderatornya.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALIKI MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Hari ini kita akan mendiskusikan tema yang amat penting yaitu tentang puasa peningkatan mutu akademik. Narasumber kali ini expert dalam tema yang akan kan kita diskusikan kali ini. Orang yang yang meningkatkan kualitasnya dapat meningkatkan kesejahteraannya," ujar Prof Abdul Haris.

Dr. M. Faisol, WD 1 Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang menyampaikan, puasa sebagai pondasi dasar sesuatu.

Terkait dengan peningkatan mutu akademik, perguruan tinggi yang memiliki reputasi internasional untuk mencapai akademik excellent yaitu harus meningkatkan SDM. Puasa menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan SDM.

uin malikib

"Tujuan utama pendidikan adalah di karakter yaitu moral, performance karakter, dan penguatan SDM," ujar Dr. Ali Ridho, WD 3 Psikologi UIN Maliki Malang.

Dr. H. M. Lutfi Mustofa, Dosen Studi Islam Pascasarjana UIN Maliki Malang menyampaikan, puasa memberikan gambaran dalam pengelolaan sistem akademik.

Tridharma tidak melulu menjadi tanggungjawab dosen, sekuat dan sepinter dosen kalau tidak di support dengan sistem akademik, pendanaan, dan sistem lainnya tidak akan maksimal dalam mencapai standar mutu.

Apabila standar prosesnya tidak terpenuhi otomatis, standar hasilnya akan terdampak. Dosen sebagai pelakasana kurikulum, dengan puasa akan memberikan pelajaran kepada mereka untuk menunjang tridharma dan korbisnis akademik.

"Core business mengharuskan pendidikan harus bermutu. UIN Maliki Malang mempunyai pedoman WCU sebagai pengembangan mutu akademik. Dan ketika memberikan layanan yang baik, standart akademik yang ditetapkan harus dipenuhi," ujar Drs. M. Yunus, Dosen FITK, Kepala Pusat Pengembangan Mutu UIN Maliki Malang.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALIKI MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

Syiar Ramadan ini sendiri ditayangkan setiap hari di bulan Ramadan pada pukul 16.00 WIB di kanal youtube UIN Maliki Malang. (*)

Pewarta : Nadira Rahmasari (MG-286)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.