https://surabaya.times.co.id/
Berita

Keluhan Pertalite Meluas, Pertamina Buka 17 Posko Pengaduan

Rabu, 29 Oktober 2025 - 15:30
Pertamina Investigasi Keluhan Pertalite dan Buka 17 Posko Pengaduan Pertamina menerima banyak keluhan pengguna kendaraan bermotor yang mengalami gangguan mesin dan mogok usai mengisi bahan bakar jenis Pertalite di SPBU Pertamina.

TIMES SURABAYA, SURABAYAPertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) melakukan investigasi menyeluruh menyusul keluhan pengguna kendaraan bermotor yang mengalami gangguan mesin dan mogok usai mengisi bahan bakar jenis Pertalite di SPBU Pertamina.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi, mengatakan pihaknya langsung menindaklanjuti laporan tersebut dengan pemeriksaan laboratorium serta membuka 17 posko pengaduan konsumen di berbagai daerah.

Ahad menjelaskan, pengujian laboratorium telah dilakukan terhadap sampel Pertalite dari Terminal BBM Tuban dan Terminal BBM Surabaya, dua titik utama pasokan untuk wilayah terdampak. Hasil uji menunjukkan bahan bakar tersebut masih sesuai spesifikasi atau on spec.

Untuk memastikan kualitas hingga ke tingkat SPBU, investigasi lanjutan masih dilakukan dengan memeriksa kualitas dan kuantitas produk di lapangan.

Posko Pengaduan dan Prosedur Laporan

Sebagai bentuk keterbukaan layanan publik, Pertamina kini menyediakan 17 titik posko pengaduan, bertambah dari sebelumnya tiga titik. Posko tersebar di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Tuban, dan Kediri.

Berikut langkah pelaporan bagi konsumen:

  1. Sampaikan laporan ke petugas SPBU tempat pengisian, dengan menunjukkan bukti transaksi.

  2. Isi Formulir Pengaduan Konsumen yang mencatat kronologi dan kondisi kendaraan.

  3. Berikan data diri dan kontak untuk tindak lanjut. Jika ditemukan indikasi kerusakan akibat BBM, kendaraan akan diarahkan ke bengkel resmi yang ditunjuk Pertamina, dan biaya perbaikan akan ditanggung.

  4. Laporan resmi akan diteruskan ke tim Pertamina wilayah terkait untuk ditindaklanjuti.

Konsumen di luar wilayah posko dapat melapor melalui SPBU terakhir pembelian, atau menghubungi Pertamina Contact Center 135, email [email protected], atau DM Instagram @pertamina.135.

Daftar Posko Layanan Pertamina

Surabaya:

  • SPBU Arif Rahman Hakim No.150

  • SPBU Kayoon No.48

  • SPBU Wonorejo I, Manukan Kulon, Tandes

  • SPBU Kebonsari Tengah No.64–66

Sidoarjo:

  • SPBU Letjen Sutoyo No.129, Medaeng (Bungurasih)

  • SPBU Raya Tropodo No.9, Waru

  • SPBU Jenggolo No.33

  • SPBU Gubernur Sunandar Priyo Sudarmo No.3–5, Kraton, Krian

Lamongan:

  • SPBU Raya Mantup, Kedungsumber

  • SPBU Sunan Drajat, Kaloharjo

Gresik:

  • SPBU Veteran No.2, Gapurosukolilo

  • SPBU Dr. Wahidin Sudirohusodo, Karangturi

Bojonegoro:

  • SPBU MT. Haryono, Jetak

  • SPBU Sawunggaling, Kadipaten

Tuban:

  • SPBU Gedongombo, Semanding

Kediri:

  • SPBU Joyoboyo, Kemasan, Kota Kediri

  • SPBU Ahmad Dahlan, Ngampel, Mojoroto. (*)

 

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.