https://surabaya.times.co.id/
Berita

Posko Siaga Musim Lebaran BPBD Jatim Berakhir Hari Ini 

Selasa, 16 April 2024 - 19:22
Posko Siaga Musim Lebaran BPBD Jatim Berakhir Hari Ini  Posko Siaga Hidrometeorologi BPBD Jatim yang didirikan selama 14 hari saat momen libur lebaran.(Dok.BPBD Jatim)

TIMES SURABAYA, SURABAYA – Setelah beroperasi selama 14 hari sejak H-7 lebaran atau tanggal 3 April 2024, Posko Siaga Hidrometeorologi untuk musim lebaran yang didirikan BPBD Jatim bersama BPBD Kabupaten/Kota ini akan berakhir, hari ini, Selasa (16/4/2024) pukul 24.00 WIB.

Dari catatan laporan kejadian posko yang tersebar di lima daerah ini, tidak ada kejadian bencana yang menonjol pada musim lebaran tahun ini. Kecuali, kejadian banjir, angin kencang dan tanah longsor dengan skala kecil dan sedang.

Adapun sebaran lokasi posko ini berada di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Kantor BPBD Kabupaten Malang, Perempatan Lampu Merah Suramadu Kabupaten Bangkalan, Kebun Refugia Plaosan Magetan dan di Pantai Telengria Kabupaten Pacitan.

"Untuk posko induknya tetap berada di Posko Command Center TRC Kantor BPBD Jatim," ujar Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto, Selasa (16/4/2024).

Kalaksa Gatot Soebroto mengungkapkan, selama musim lebaran tahun ini, kejadian yang cukup menonjol adalah banjir di Wilayah Kabupaten dan Kota Pasuruan pada Selasa (9/4/2024) yang sempat memutus jalur utama Banyuwangi - Surabaya.

Akibat kejadian ini, terjadi kemacetan panjang di jalur nasional yang terdampak banjir dan juga mengakibatkan dua orang meninggal, yakni, seorang warga dewasa yang tersengat listrik dan seorang balita 2 tahun tenggelam terbawa banjir.

Pada saat kejadian, Tim TRC BPBD Jatim juga bergerak cepat membantu proses evakuasi warga terdampak dengan perahu karet dan menyerahkan sejumlah bantuan, seperti, makanan siap saji dan air mineral.

Secara umum, berdasar data Pusdalops PB BPBD Jatim, jumlah kejadian selama kurun 14 hari ini sebanyak 25 kejadian, yang didominasi banjir dengan jumlah 14 kejadian, tanah longsor 6 kejadian dan angin kencang 5 kejadian.

Secara khusus, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kerja Tim Gabungan BPBD Jatim, BPBD kabupaten/kota, TNI, Polri dan para relawan dalam kegiatan Posko Siaga Hidrometeorologi tahun ini.

Namun ia tetap mengingatkan, bahwa musim pancaroba, peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau masih berlanjut hingga bulan April ini. Sepanjang musim ini, potensi cuaca ekstrem dan angin kencang masih berpeluang akan terjadi.

Karenanya, ia tetap mengimbau segenap warga Jawa Timur untuk waspada dan berhati-hati, utamanya bagi yang akan menjalani balik mudik lebaran. "Jangan lupa, pantau informasi tentang cuaca, baik yang disampaikan BMKG atau yang kita sampaikan melalui media sosial atau lewat informasi lainnya," pesan Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto.(*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.