https://surabaya.times.co.id/
Berita

Ini Profil dan Karir Politik Ra Hamid Calon Bupati Bondowoso

Kamis, 18 April 2024 - 10:15
Ini Profil dan Karir Politik Ra Hamid Calon Bupati Bondowoso Pertemuan Ra Hamid, Ketua DPC PKB Bondowoso Ahmad Dhafir dan Sekjen PKB Bondowoso H Tohari (FOTO: Instagram @abdul_hamid_w)

TIMES SURABAYA, BONDOWOSO – Meskipun belum deklarasi secara resmi, sudah bisa dipastikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mengusung KH Abdul Hamid Wahid alias Ra Hamid sebagai calon bupati Bondowoso. 

Kabarnya PKB Kabupaten Bondowoso mengusung Ra Hamid setelah mendapat mandat dari sejumlah ulama. Salah satunya KH R. Kholil As'ad Walisongo Situbondo. 

Ra Hamid dikabarkan akan berpasangan dengan alumnus Nurul Jadid sekaligus Sekjen PKB Bondowoso, H Tohari. 

Berikut profil KH Abdul Hamid Wahid, bakal calon bupati Bondowoso yang diusung PKB Bondowoso. 

Memiliki nama lengkap KH. Abdul Hamid Wahid, M.Ag, ia lahir pada 4 September 1971 di Probolinggo Jawa Timur. 

Ra Hamid merupakan putra dari salah satu pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo,  KH. Abd Wahid Zaini. 

Sosoknya sudah lama berkecimpung dalam dunia politik. Bahkan Ra Hamid juga dikenal sebagai seorang akademisi yang sangat cerdas dan punya dedikasi tinggi di dunia pendidikan.

Selain sebagai seorang politisi, ia sibuk mengurus pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Jadid. Khususnya di perguruan tinggi di sana. 

Sebagai bakal calon bupati, pengalamannya juga tidak bisa diragukan. Ia memiliki bekal pengalaman yang cukup di dunia politik. Tercatat ia sudah beberapa kali menjadi legislator. 

Perjalanan karir di dunia politik dan pendidikan Ra Hamid sangatlah panjang. Pada tahun 1994-1996 ia dipercaya sebagai Direktur SinHaY Computer Malang. 

Kemudian pada tahun 1996 ia menjadi Dosen Tetap Fakultas Tarbiyah IAI Nurul Jadid 1996. Amanah itu ia emban hingga sekarang. 

Semenjak masuk sebagai dosen di perguruan tinggi ia dipercaya mengemban sejumlah jabatan. Diantaranya Pembantu Ketua II Akademi Komputer Indonesia Paiton Probolinggo (1997-1999). 

Kemudian pada tahun 1999-2001 ia dipercaya sebagai Pembantu Ketua III Sekolah Tinggi Teknologi Nurul Jadid 

Sebelumnya, pada 1998-1999 ia dipercaya sebagai Pembantu Dekan III Fakultas Syariah IAI Nurul Jadid Paiton. 

Ia juga dipercaya menjabat sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah IAI Nurul Jadid pada tahun 1999-2004.

Debut politik Ra Hamid dimulai pada tahun 1999. Kala itu ia terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Probolinggo periode 1999-2004. 

Bahkan ia sempat menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo (2003-2004). 

Kemudian pada Pemilu 2004 ia mencoba peruntungan dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Partai PKB. Ra Hamid akhirnya terpilih menjadi anggota DPR RI fraksi PKB periode 2004-2009.

Saat menjadi legislator di senayan, ia masih sibuk mengurus pendidikan di NJ dengan menjadi Pembantu Rektor IV IAI Nurul Jadid (2004-2008). 

Ia juga sempat menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi X DPR RI 2009 dan Wakil Ketua Fraksi PKB DPR RI 2009

Pada Pemilu 2009 ia kembali terpilih sebagai Anggota DPR RI Fraksi PKB  periode 2009-2014.(*)

Pewarta : Moh Bahri
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.