TIMES SURABAYA, SURABAYA – Layanan transportasi online global, inDrive, secara resmi membuka Driver Lounge pertamanya di wilayah Surabaya Timur pada Kamis (30/10/2025). Fasilitas ini menegaskan komitmen inDrive terhadap pengemudi dan menjadikan Surabaya sebagai salah satu kota fokus utama di Indonesia.
Country Manager inDrive Indonesia, Rio Aristo, menjelaskan bahwa Driver Lounge ini merupakan bagian dari upaya mendukung komunitas pengemudi secara tatap muka. Pemilihan lokasi didasarkan pada data konsentrasi pengemudi dan pengguna yang tinggi di wilayah Surabaya Timur.
“Kami memilih tempat di Surabaya Timur karena kami melihat dari data, para pengguna dan juga para driver kita, lokasinya itu lumayan banyak dan terkonsentrasi di bagian lebih ke arah ke timur,” jelas Rio Aristo.
Rio Aristo menambahkan bahwa Indonesia merupakan salah satu top country inDrive, dengan pertumbuhan pengguna dan pengemudi yang konsisten di angka dua digit setiap tahunnya.

Saat ini, inDrive memfokuskan layanannya di enam kota utama, termasuk Surabaya, yang disebutnya sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan tertinggi secara tahunan.
inDrive juga menekankan pentingnya konsep bisnis peer-to-peer, di mana harga ditentukan atas kesepakatan antara pengemudi dan pengguna, yang dinilai kritikal untuk menjaga keadilan harga. Selain itu, inDrive secara proaktif telah menyediakan layanan asuransi bagi pengemudi, sambil terus berkomunikasi intensif dengan pemerintah terkait regulasi Ojek Online.
Langkah inDrive ini disambut baik oleh pemerintah daerah. Kepala Seksi Sarana Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Agung Heru Prasongko, S.T., M.IP, menyatakan apresiasinya.
“Hal ini menjadi sebuah langkah baik untuk kami apresiasi. Selama ini merespons para driver atau konsumen apabila ada keluhan bingung ke mana,” ujar Agung.
Agung menambahkan bahwa Driver Lounge ini dinilai selaras dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 118 Tahun 2018. Ia meyakini manajemen inDrive dapat menjadikan regulasi tersebut sebagai mediasi kepentingan antara mitra dan investor, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Dukungan serupa juga datang dari Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Jatim, Gugi Alfrianto Wicaksono. Ia menilai kehadiran Driver Lounge sebagai wadah komunikasi intensif sangat dibutuhkan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin timbul, sehingga pelayanan menjadi lebih tertib, tenang, dan tentram.
“Harapan lain, inDrive meningkatkan kualitas layanan, improvisasi layanan dan teknologi, karena inovasi tidak akan berhenti,” pungkas Gugi, menambahkan bahwa ke depannya tempat ini diharapkan bukan hanya menjadi kantor, namun menjadi ajang kumpul, bertukar pikiran, serta memberikan manfaat nyata bagi komunitas. (*)
Artikel ini sebelumnya sudah tayang di TIMES Indonesia dengan judul: Lounge InDrive Hadir di Surabaya, Jamin Kenyamanan dan Produktivitas Pengemudi
| Pewarta | : Zisti Shinta Maharani |
| Editor | : Deasy Mayasari |