Wisata

Ini Paket Wisata di Pinus Camp Songgon Banyuwangi yang Siap Diserbu Pasca PPKM

Senin, 02 Agustus 2021 - 14:46
Ini Paket Wisata di Pinus Camp Songgon Banyuwangi yang Siap Diserbu Pasca PPKM Pinus Camp Songgon Banyuwangi. (Foto: Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, BANYUWANGI – Masa pemberlakuan kebijakan PPKM level 4 telah melalui batas akhir, sejumlah wisata di Kabupaten Banyuwangi tampak mempercantik fasilitas dan menambah daya tarik wisatawan lokal hingga manca negara, salah satunya di tempat wisata Pinus Camp Songgon Banyuwangi, beberapa paket telah siap diserbu para penikmat pesona alam Bumi Blambangan.

Meski belum diketahui ada atau tidaknya kebijakan susulan terkait perpanjangan masa PPKM level 4, namun pelaku wisata di Banyuwangi memiliki optimisme dalam mengupayakan pengembangan pariwisata di Banyuwangi.

Tentu, rasa percaya diri itu juga dibarengi dengan kondisi kesiapan tempat wisata terhadap fasilitas yang berkaitan dengan protokol kesehatan, selama masa PPKM Darurat hingga PPKM level 4, Pinus Camp Songgon terus memantau ketersediaan alat-alat tersebut.

Pengelola Wisata Pinus Camp Songgon, Yusuf Sugiono menjelaskan, paket-paket wisata yang siap diserbu pasca pemberlakuan PPKM level 4 diantaranya kemah keluarga, campervan atau berkemah di mobil, hiking menyusuri keindahan hutan lereng Raung dan nuansa pedesaan Songgon.

"Paket-paket tersebut dipastikan siap ketika nanti wisata sudah boleh dibuka, terlebih kita juga sudah mengantongi sertifikasi wisata sehat dari kementerian pusat. Untuk paket-paket khusus yang sudah lama kita jalankan seperti paintball, arung jeram kita masih menunggu instruksi dari federasi arung jeram pusat kekayaannya selama pandemi ini seperti apa," kata Yusuf Sugiono, Senin (2/8/2021).

Meski selama beberapa waktu terakhir tidak ada pemasukan dari hasil kegiatan wisata, berbekal komitmen dan kesungguhan menghidupkan lilin-lilin pariwisata, Yusuf bersama rekanannya terus berupaya memberikan kontribusi terbaiknya, guna mempertahankan keberadaan wisata Pinus Camp Songgon.

Bahkan, gaya wisatawan menikmati kopi Banyuwangi juga telah rampung, demi menunjang kepuasan berwisata bagi siapapun yang berkunjung di tempat tersebut.

"Pinus Camp sendiri merupakan wisata yang berbasis pemberdayaan. Dengan sumber daya yang ada ya kita tukangi sendiri, memanfaatkan bahan-bahan yang ada tanpa harus membeli, merawat kita juga rawat sendiri. Kita juga tengah menyiapkan spot baru ngopi di bantaran sungai," ungkapnya.

Bagi Yusuf, masa pandemi Covid-19 bagi pelaku pariwisata, tak lain seperti seorang petani yang sedang menghadapi serangan hama maupun gulma pada tanamannya, potensi kerugian berada di depan mata, namun peluh keringat tak disuguhkan untuk mengurungkan semangat.

"Harapan besar kami semoga pandemi lekas usai sehingga wisata bisa kembali dibuka sehingga masyarakat pariwisata bisa kembali bekerja," kata pengelola wisata Pinus Camp Songgon Banyuwangi sembari menanti detik-detik masa akhir pemberlakuan masa PPKM level 4.(*)

Pewarta : Hafid Nurhabibi (MG-311)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.