https://surabaya.times.co.id/
Berita

STKIP PGRI Pacitan Sambut 485 Mahasiswa Baru melalui PKKMB 2024

Jumat, 20 September 2024 - 14:42
STKIP PGRI Pacitan Sambut 485 Mahasiswa Baru melalui PKKMB 2024 Ketua STKIP PGRI Pacitan melekatkan tanda bagi calon mahasiswa baru pada PKKMB 2024. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMES SURABAYA, PACITANSTKIP PGRI Pacitan kembali menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2024, yang berlangsung pada Jumat, 20 September 2024. 

Acara tahunan yang dinantikan ini menyambut 485 mahasiswa baru yang akan mengikuti serangkaian kegiatan penting sebagai persiapan menjalani kehidupan perkuliahan nantinya.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia PKKMB, Indah Puspitasari, M.Pd., menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya atas berlangsungnya acara ini. 

“Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas berkah dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul dalam acara tahunan yang dinantikan yaitu Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru 2024. Saya ucapkan selamat datang kepada 4875 peserta PKKMB yang akan mengikuti serangkaian kegiatan ini," ujar Indah dalam pidato pembukaannya.

Ketua-STKIP-PGRI-Pacitan-B.jpg

PKKMB 2024 kali ini mengusung tema "Berakar Kuat untuk Tumbuh dan Berkembang", yang mencerminkan komitmen kampus dalam membentuk mahasiswa yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan berintegritas. 

Tema ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa baru untuk terus belajar dan mengembangkan potensi mereka demi kemajuan bangsa.

Indah menambahkan bahwa kegiatan PKKMB merupakan langkah awal bagi mahasiswa baru untuk mengenal lebih dekat lingkungan kampus dan mempersiapkan diri dalam menjalani kehidupan perkuliahan. 

“PKKMB adalah langkah awal bagi saudara-saudari, untuk mengenal lebih dekat lingkungan kampus dan mempersiapkan diri dalam menjalani kehidupan perkuliahan,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua STKIP PGRI Pacitan, Dr Mukodi, juga turut menyampaikan pesan penting kepada para mahasiswa baru. Dia mengutip sebuah nadham karya Syekh Abu Basyir Al-Dimawi yang berbunyi:  
اَلاَ لاَتَنَالُ الْعِلْمَ اِلاَّ بِســــِتَّةٍ # سَأُنْبِيْكَ عَنْ مَجْمُوْعِهَا بِبَيَانٍ  
ذُكَاءٍ وَحِرْصٍ وَاصْطِبَارٍ وَبُلْغَةٍ # وَاِرْشَادُ اُسْتَاذٍ وَطُوْلِ زَمَانٍ  

Dalam terjemahannya, nadham tersebut bermakna bahwa untuk memperoleh ilmu, seseorang membutuhkan enam hal, yaitu kecerdasan, semangat, kesabaran, biaya, bimbingan dari guru, dan waktu yang lama. 

Dr. Mukodi menekankan pentingnya menetapkan niat yang benar sebelum melangkah lebih jauh dalam menuntut ilmu.

Ketua-STKIP-PGRI-Pacitan-C.jpg

Lebih lanjut, Dr Mukodi berharap para mahasiswa baru dapat memanfaatkan PKKMB ini sebagai kesempatan untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang akan menjadi bekal penting selama menjalani tridharma perguruan tinggi. 

“Kami berharap, ketika menyelesaikan studi nanti, saudara-saudari dapat menjadi lulusan yang berilmu, berakhlak mulia, cinta tanah air, dan memiliki daya saing tinggi,” tuturnya.

PKKMB STKIP PGRI Pacitan 2024 diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga bagi para mahasiswa baru, sekaligus memotivasi mereka untuk mencapai prestasi terbaik di masa perkuliahan. Dengan demikian, kegiatan ini menjadi landasan yang kokoh dalam membentuk generasi muda yang siap berkontribusi bagi kemajuan bangsa. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Bambang H Irwanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.