https://surabaya.times.co.id/
Berita

InJourney Aviation Services Maksimalkan Kesiapan Layanan Bandara Jelang Idulfitri 2025

Kamis, 20 Maret 2025 - 12:22
InJourney Aviation Services Maksimalkan Kesiapan Layanan Bandara Jelang Idulfitri 2025 InJourney Aviation Services (IAS) sebagai sub-holding dari InJourney, resmi menggelar Posko Gabungan Nasional (POSGABNAS) IAS Group. Posko ini dibuka di APSpace, Terminal 3 Domestik Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. (FOTO: dok IAS)

TIMES SURABAYA, JAKARTA – Menyambut Hari Raya Idulfitri 2025, InJourney Aviation Services (IAS) sebagai sub-holding dari InJourney, resmi menggelar Posko Gabungan Nasional (POSGABNAS) IAS Group. Posko ini dibuka di APSpace, Terminal 3 Domestik Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Acara peresmian yang digelar Rabu (19/3/2025) dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno-Hatta, jajaran direksi PT Aviasi Pariwisata Indonesia, PT Angkasa Pura Indonesia, IAS Group, PT Garuda Indonesia, PT Citilink Indonesia, serta PT Pelita Air Service.

POSGABNAS IAS Group akan beroperasi mulai 20 Maret hingga 8 April 2025 secara serentak di beberapa bandara utama, seperti Kualanamu (KNO), Soekarno-Hatta (CGK), Ngurah Rai (DPS), dan Sultan Hasanuddin (UPG). Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi antarentitas dalam IAS Group, guna memastikan pelayanan terbaik bagi pengguna bandara dan maskapai penerbangan.

Sebagai pusat pemantauan operasional bandara, POSGABNAS memanfaatkan teknologi berbasis digital seperti Manajemen Operasi Traffic (MOT), Cargo Integrated System (CIS), Gapura Integrated System (GIS), dan Baggage Delivery Time (BDT). Sistem ini memungkinkan pemantauan real-time terhadap lalu lintas udara, pemrosesan penumpang, bagasi, kargo, serta fasilitas bandara lainnya.

Selain itu, POSGABNAS juga berfungsi sebagai pusat komunikasi krisis jika terjadi keadaan darurat serta menjadi wadah untuk menerima dan menindaklanjuti masukan dari pelanggan melalui saluran keluhan yang tersedia di berbagai titik layanan bandara.

Direktur Utama IAS, Dendi Danianto, memaparkan kesiapan layanan menjelang Idulfitri 2025. Ia memastikan bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai strategi guna mengantisipasi lonjakan penumpang selama periode libur Lebaran.

"Kami telah mengoptimalkan kualitas layanan dan pengalaman pelanggan dengan menerapkan pemantauan lalu lintas, kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, serta langkah-langkah proaktif di seluruh bandara yang dikelola IAS," ujar Dendi, Rabu (19/3/2025).

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kenyamanan penumpang, IAS Group juga menghadirkan berbagai program promosi dan layanan spesial, termasuk diskon di beberapa fasilitas seperti Pax Concierge “Joumpa”, lounge bandara “Concordia dan Saphire”, serta layanan pengemasan bagasi “It’s a Wrap”.

Tak hanya itu, IAS juga menyiapkan berbagai aktivitas menarik di bandara, seperti penyambutan khusus dengan surat ucapan, hadiah spesial, serta petugas layanan yang mengenakan busana bertema Ramadan untuk menciptakan suasana yang lebih hangat bagi pelanggan.

Sementara itu, Direktur Integrasi dan Portofolio IAS, Danny P. Thaharsyah, menegaskan bahwa pihaknya fokus pada peningkatan pengalaman pelanggan (customer journey) sebagai bagian dari strategi pengembangan sektor aviasi dan pariwisata.

"Bukan hanya soal kesiapan fasilitas, tetapi bagaimana kami menghadirkan layanan yang lebih baik—dari aspek kebersihan, kenyamanan, hingga stimulasi lima indera yang meningkatkan pengalaman pelanggan di bandara," jelasnya.

Sejalan dengan itu, InJourney juga terus melakukan peningkatan dari sisi fasilitas, proses, dan sumber daya manusia (SDM) guna memastikan seluruh petugas siap memberikan pelayanan terbaik selama periode puncak arus mudik dan balik Idul Fitri 2025.

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno-Hatta, Putu Eka Cahyadi, menyatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan guna memastikan kesiapan infrastruktur, prosedur, serta SDM dalam menghadapi lonjakan penumpang saat peak season Lebaran.

"Kami telah melakukan pengawasan dan pengendalian secara ketat, termasuk inspeksi keselamatan pesawat (ramp check), pemantauan tarif angkutan udara, pengawasan keamanan penerbangan, serta kesiapan layanan navigasi dan bandara. Seluruhnya telah dipastikan siap untuk menyambut lonjakan penumpang selama periode Idul Fitri," ucapnya.

Dengan berbagai langkah strategis ini, IAS Group bersama InJourney berkomitmen untuk memastikan perjalanan udara selama musim mudik Idul Fitri 2025 tetap aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh pengguna jasa transportasi udara. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.