https://surabaya.times.co.id/
Berita

Pastikan Selesai Tepat Waktu, Pj Gubernur Jatim Tinjau Kesiapan Percetakan Surat Suara Pilkada

Kamis, 24 Oktober 2024 - 22:16
Pastikan Selesai Tepat Waktu, Pj Gubernur Jatim Tinjau Kesiapan Percetakan Surat Suara Pilkada Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono saat meninjau percetakan surat suara di PT. Temprina, Kabupaten Gresik, Kamis (24/10/2024). (Foto: Dok. Humas Pemprov Jatim)

TIMES SURABAYA, GRESIK – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim) Adhy Karyono memastikan kesiapan pencetakan surat suara untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 selesai tepat waktu. 

Kepastian itu didapatkan Pj Gubernur Adhy setelah meninjau langsung percetakan surat suara Pilkada bersama Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim Aang Kunaifi, Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto, Kapoksahli Kodam V/Brawijaya Brigjen TNI Ramli di PT. Temprina, Kabupaten Gresik, Kamis (24/10/2024). 

"Setelah kami cek langsung, produksi kertas surat suara di PT. Temprina sebanyak 4.000 eksemplar per hari. InsyaAllah tanggal 5 November sudah selesai sesuai nilai kontrak dan akan didistribusikan ke 38 kabupaten maupun kota di Jatim," ujarnya.

Adhy menyebut, proses pencetakan surat suara ada di tiga lokasi, yakni Gresik, Nganjuk dan Bawen. Pembagian wilayah pencetakan surat suara Pilgub Jatim yaitu Bawen mengerjakan 16 kabupaten/kota, Nganjuk 5 kabupaten/kota, dan Gresik 17 kabupaten/kota.

percetakan-surat-suara-2.jpg

Sebagai informasi, surat suara untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim sebanyak 32.090.910 lembar. Sedangkan surat suara Pilbup / Pilwali di wilayah Jatim akan dicetak sebanyak 27.966.416 lembar.

Adhy pun optimistis bahwa PT. Temprina dapat mencetak kebutuhan surat suara tersebut tepat waktu. Ia menekankan pencetakan surat suara harus memperhatikan kualitas, kuantitas serta tepat waktu dan tepat guna. 

"Saya percaya Temprina yang sudah puluhan tahun menjadi penyedia jasa percetakan kertas surat suara agar Pilkada dapat berjalan aman, damai dan lancar," kata Adhy. 

Selama proses percetakan hingga distribusi, Adhy menegaskan KPU dan Bawaslu bersama Forkopimda bersinergi agar surat suara mulai dari cetak hingga distribusi berjalan lancar. 

"Kami bersama-sama bersinergi agar pendistribusian surat suara hingga hari pencoblosan Pilkada di Jatim berjalan dengan lancar dan aman," tegasnya. 

Lebih lanjut, Adhy juga mengingatkan terkait packaging pendistribusian surat suara harus dilakukan secara baik. Hal ini perlu diperhatikan dalam rangka mengantisipasi cuaca agar kondisi keutuhan surat suara dan perlengkapan lain terjaga sampai di masing-masing kota maupun kabupaten di Jatim. 

"Kami tadi sudah berkomunikasi khususnya kepada Kapolda agar dikawal mulai pendistribusian hingga sampai di gudang KPU masing-masinh kabupaten maupun kota di Jatim," pungkasnya. 

Terkait pendistribusian pengamanan surat suara, Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto menegaskan, sudah dikomunikasikan dengan KPU dan Polres setempat yang akan menyiapkan personel untuk mengawal surat suara.

Termasuk untuk daerah terpencil pendistribusian sudah disiapkan secara baik. Bahkan jika membutuhkan kapal untuk pengiriman surat suara, sudah berkoordinasi dengan Kodam.

"InsyaAllah sesuai target PT Temprina setelah tanggal 5 November bisa di distribusikan dengan baik," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi menambahkan proses produksi, distribusi hingga penyortiran surat suara di gudang logistik masing-masing KPU Kabupaten dan Kota telah direncakan dengan baik. 

"Apalagi didukung Forkopimda Provinsi Jatim, maka kelancaran Pilkada serentak November 2024 dipastikan berjalan dengan baik," tutupnya. (*)

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.