https://surabaya.times.co.id/
Olahraga

PSSI Sebut Peluang Kevin Diks Bela Timnas di November Berat

Kamis, 24 Oktober 2024 - 19:11
PSSI Sebut Peluang Kevin Diks Bela Timnas di November Berat Calon pemain timnas Indonesia Kevin Diks.

TIMES SURABAYA, JAKARTA – Peluang Kevin Diks, calon pemain timnas Indonesia, untuk tampil dalam dua laga putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C melawan Jepang dan Arab Saudi pada November semakin berat.

Hal itu diungkapkan Executive Committee (Exco) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Arya Sinulingga saat ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (24/10/2024).

“Jadi kemungkinan berat (Kevin Diks) untuk main di November,” ujar Arya.

Menurut Arya, seluruh proses naturalisasi seorang pemain untuk dapat tampil dalam kualifikasi Piala Dunia harus selesai setidaknya tujuh hari sebelum pertandingan. Jika pertandingan pertama melawan Jepang dijadwalkan pada 15 November, maka batas akhir proses naturalisasi Kevin adalah 8 November. 

Faktor utama yang memperlambat proses ini adalah transisi pemerintahan baru, termasuk perubahan struktur kementerian dan lembaga terkait, sehingga proses naturalisasi Kevin akan sulit selesai untuk dua laga pada November.

“Nah, teman-teman kan tahu, pemerintahan masih baru. Ini kabinet juga berubah, nomenklatur kabinet juga berubah. Kumham tadinya satu kementerian jadi tiga kementerian. Jadi semua lagi konsolidasi kementeriannya, gitu. Itu satu,” kata dia.

“Kemudian DPR pun baru kemarin terbentuk komisinya. Berubah semuanya,” lanjut dia.

Oleh karena itu, PSSI menargetkan proses naturalisasi Kevin Diks selesai sebelum laga kualifikasi melawan Australia dan Bahrain pada Maret tahun depan.

"Ya, bisanya main di, mudah-mudahan main di bulan Maret," tambah Arya.

Kevin Diks, yang saat ini memegang paspor Belanda, diketahui memiliki darah Indonesia dari ibunya, Natasja Dik Bakarbessy, yang berasal dari Ambon.

Sejak bergabung dengan FC Copenhagen pada Juli 2021, Kevin telah tampil dalam 145 pertandingan, mencetak 14 gol dan 15 assist.

Meski posisinya sebagai bek tengah, ia juga pernah mengisi peran sebagai bek kanan, bek kiri, serta gelandang bertahan.

Kevin sebelumnya pernah memperkuat timnas Belanda di kelompok usia U-19, U-20, dan U-21. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Surabaya just now

Welcome to TIMES Surabaya

TIMES Surabaya is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.